Menkeu Ajak RI Contoh AS

Sistem Pengawasan Lembaga Keuangan

Menkeu Ajak RI Contoh AS
Menkeu Ajak RI Contoh AS
JAKARTA--Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati berpendapat, Indonesia perlu mempelajari sistem pengawasan atas lembaga keuangan di Amerika Serikat. Mereka akan mereformasi lembaga keuangan terutama bank yang mempunyai dampak sistemik.

"Mereka sangat kompleks pengawasannya, berbagai elemen ini perlu kita semua pelajari, karena ini relevan untuk kita dalam mendesain dan menciptakan suatu arsitektur pengawasan yang paling efektif," kata Sri Mulyani di Jakarta, Kamis (18/6).

Sambil kita membentuk tim pengawas Otoritas Jasa Keuangan (OJK), lanjutnya, pengawasan yang sedang berjalan saat ini tidak boleh berhanti. "BI dan Bapepam-LK harus menjaga kinerja pengawasannya," katanya. Dalam kurun waktu selama 10 tahun sejak krisis ekonomi 1997-1998 hingga saat ini, memang ada upaya-upaya BI dalam melaksanakan pengawasan. Namun, kata Sri, masih harus mengalami perbaikan.

Sri Mulyani mengakui fakta terbaru dari krisis global dimana ada pemisahan antara kebijakan moneter di bank sentral, dengan pengawasan di lembaga pengawasan yang berbeda dengan bank sentral. Hal itu bisa menimbulkan persoalan seperti yang terjadi di Inggris.

JAKARTA--Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati berpendapat, Indonesia perlu mempelajari sistem pengawasan atas lembaga keuangan di Amerika

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News