Kabut Tersingkap, Lubang Hitam Raksasa Terungkap

Kabut Tersingkap, Lubang Hitam Raksasa Terungkap
Kabut Tersingkap, Lubang Hitam Raksasa Terungkap
LONDON - Para ilmuwan di University of Cambridge menemukan populasi besar black hole yang berkembang pesat di awal alam semesta. Studi baru menunjukkan bahwa mereka memancarkan sejumlah besar radiasi setelah menghisap galaksi induknya.

Penyelidikan tersebut menggunakan tekhnologi mutakhir survei inframerah untuk langit. Sebelumnya, lubang hitam tidak terdeteksi karena tertutup lapisan tebal debu angkasa.

Tim peneliti memublikasikan hasil penelitian mereka dalam jurnal bulanan Royal Astronomical Society. Objek paling ekstrim dalam studi adalah supermassive black hole yang disebut ULASJ1234 + 0907. Obyek ini terletak di arah rasi Virgo, sejauh 11 miliar tahun cahaya dari bumi.

Obyek tersebut muncul di awal alam semesta. Lubang hitam monster ini memiliki lebih dari 10 miliar kali massa matahari dan 10 ribu kali massa dari lubang hitam superbesar di galaksi Bima Sakti. ULASJ1234 juga menjadi salah satu lubang hitam paling besar yang pernah terlihat.

LONDON - Para ilmuwan di University of Cambridge menemukan populasi besar black hole yang berkembang pesat di awal alam semesta. Studi baru

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News