Kader Partai Pendukung yang tak Lolos ke Parlemen Sulit Masuk Kabinet Jokowi

Kader Partai Pendukung yang tak Lolos ke Parlemen Sulit Masuk Kabinet Jokowi
Pengamat Politik Satyo Purwanto. Foto: istimewa for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Satyo Purwanto meyakini kabinet Presiden RI terpilih Joko Widodo (Jokowi) bersih dari kader partai politik pendukung yang tidak lolos ke parlemen.

Setidaknya lima partai pendukung Jokowi saat Pilpres 2019 yang tidak lolos ke DPR yakni PSI, Perindo, Hanura, PKPI, dan PBB.

"Saya rasa enggak punya peluang kader dari partai yang tidak lolos ke parlemen masuk kabinet (Jokowi)," kata Satyo saat dihubungi jpnn.com, Rabu (14/8).

BACA JUGA: The Jakmania: Kami Kecewa Ferry Paulus, Persija Kami Buruk Sekali

Menurut Satyo, Jokowi akan mendapat beban tambahan, ketika memilih menterinya dari kader partai pendukung yang tidak lolos ke parlemen.

Terutama, ketika menteri dari partai yang tidak lolos ke parlemen itu, ingin menawarkan progam baru. Sebab program baru yang ditawarkan, bersinggungan dengan DPR.

Tanpa rekan sejawat di parlemen, mereka akan kesulitan menyampaikan program di DPR. "Mereka tidak ada perwakilan di parlemen. Kalau menyampaikan program akan kesulitan di parlemen. Nanti malah menjadi beban presiden. Buat apa," ucap Satyo.

BACA JUGA: Indonesia 1 vs 1 Myanmar: Bagas Kaffa Cs Pastikan Juara Grup A Piala AFF U-18

Pengamat politik Satyo Purwanto meyakini kabinet Presiden RI terpilih Joko Widodo (Jokowi) bersih dari kader partai politik pendukung yang tidak lolos ke parlemen.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News