Kadin Berharap Pengusaha Mengembangkan Bisnisnya di Sektor Pertanian

Kadin Berharap Pengusaha Mengembangkan Bisnisnya di Sektor Pertanian
Mentan Syahrul Yasin Limpo. Foto: Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) bidang Perdagangan Benny Soetrisno, menyatakan bahwa sektor pertanian adalah basis penting yang secara konkret berhasil menyumbang kontribusi besar pada pertumbuhan ekonomi nasional. Terutama di saat krisis dan pandemi Covid 19 melanda seluruh dunia.

"Dari mulai timur sampai barat kita memiliki kopi, Sulawesi Selatan produksi utamanya coklat. Selain itu merica di Belitung dan Bangka jadi suplai merica dunia. Jadi pertanian kita ini sangat unggul sekali," ujar Benny dalam webinar bersama Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo melalui video conference, Rabu (22/7).

Melihat perkembangan yang ada, kata Benny, semua pihak, terutama para pengusaha harus mendukung dan mendorong bisnis yang bergerak dari sektor pertanian menjadi luas dan besar.

Apalagi, Indonesia memiliki kelebihan comperative komoditi yang tidak dimiliki oleh semua negara.

Mengenai hal ini, Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menilai bahwa dalam dua tahun ke depan, bisnis yang masih bisa berjalan dengan baik adalah bisnis di sektor pertanian.

Hal ini, kata Mentan, terlihat dari perkembangan ekspor yang terus meningkat setiap bulannya.

"Berdasarkan data yang ada ekspor yang tumbuh selama pandemi Covid 19 hanya sektor pertanian," katanya.

Mentan menjelaskan, berdasarkan data yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS), neraca perdagangan pertanian surplus sebesar Rp 55,09 triliun. Dari angka tersebut, komoditas tanaman pangan menyumbang Rp 52,07 triliun, hortikultura Rp 11,81 triliun dan peternakan Rp 20 triliun.

Kadin berharap pengusaha harus mendukung dan mendorong bisnis yang bergerak di sektor pertanian menjadi luas dan besar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News