KADIN Indonesia: Operator Transportasi Swasta Turut Andil Melancarkan Arus Mudik Lebaran

KADIN Indonesia: Operator Transportasi Swasta Turut Andil Melancarkan Arus Mudik Lebaran
Arus mudik lebaran di pelabuhan (ilustrasi). Foto dok ASDP

jpnn.com, JAKARTA - Carmelita Hartoto, Koordinator WKU IV Kadin Indonesia Bidang Peningkatan Kualitas Manusia, Ristek dan Inovasi menilai arus mudik 2022 relatif lancar.

Hal ini menurutnya berkat persiapan dan koordinasi seluruh stakeholder terkait, baik kepolisian, kementerian, maupun instansi pemerintah.

"Meski sempat terjadi kemacetan dan kepadatan kendaraan di Tol Cipularang arah Bandung dan sebaliknya akibat kekeliruan penempatan titik awal one way, tapi itu bisa segera terurai berkat koordinasi yang baik dalam merekayasa lalu lintas," kata Carmelita, Kamis (5/5).

Seperti diketahui, ada empat rekayasa lalu lintas yang disiapkan untuk arus mudik tahun ini.

Keempatnya yakni sistem satu arah (one way), ganjil genap, arus berlawanan (contra flow), dan pembatasan kendaraan angkutan barang dan tiga sumbu.

Menurut Carmelita penerapan rekayasa lalu lintas ini perlu diberlakukan kembali pada arus balik, yang diprediksi akan terjadi pada 6-8 Mei 2022.

"Kami juga imbau agar masyarakat bisa kembali lebih awal atau setelah puncak arus balik selesai, agar tidak terjadi penumpukan," ujarnya.

Pihak swasta selaku operator transportasi juga memiliki peran besar dalam kelancaran arus mudik dan balik tahun ini.

KADIN Indonesia menilai arus mudik 2022 relatif lancar berkat pesiapan dan koordinasi seluruh stakeholder terkait.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News