Kado Spesial HUT ke-77 RI, Rektor IPB Apresiasi Swasembada Beras Indonesia

Kado Spesial HUT ke-77 RI, Rektor IPB Apresiasi Swasembada Beras Indonesia
Mentan Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL). Foto: Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Rekror IPB, Arif Satria mengapresiasi capaian swasembada beras Indonesia selama tiga tahun berturut-turut.

Menurut dia, capaian tersebut merupakan kado istimewa bagi bangsa Indonesia yang genap berusia 77 tahun.

Indonesia, kata Arif sukses memenuhi kebutuhan pangannya sendiri di tengah ancaman pandemi Covid 19 dan juga krisis global lainya.

"Indonesia dipandang sebagai negara yang mampu berswasembada sekaligus memiliki resiliensi ketangguhan menghadapi covid 19. Penghargaan ini menjadi hadiah hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 77," ujar Arif Minggu (14/8).

Arif menjelaskan, keberhasilan ini merupakan akumulasi dan kerja keras semua pihak, termasuk upaya jajaran Kementerian Pertanian (Kementan) dalam mengimplementasikan semua arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk meningkatkan produksi selama pandemi.

"Pemupukan lebih baik dan bijak, membangun bendungan, memperbaiki saluran irigasi, memanfaatkan sistem mekanisasi, pemberian kredit usaha rakyat, dan pendampingan penguatan kelembaban petani," katanya.

Menurut Arif, semua program tersebut meningkatkan produktivitas padi nasional, sehingga produktivitas Indonesia berada di nomor 2 tertinggi di Asia Tenggara.

Program tersebut juga menyebabkan ketersediaan beras Indonesia relatif aman dan mencukupi.

Rekror IPB, Arif Satria mengapresiasi capaian swasembada beras Indonesia selama tiga tahun berturut-turut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News