Kakorlantas Pantau Langsung Kondisi Tol Jelang Libur Iduladha

Kakorlantas Pantau Langsung Kondisi Tol Jelang Libur Iduladha
Menkopolhukam Wiranto. Foto: dok jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Kakorlantas Polri Irjen Agung Budi Maryoto dan sejumlah pihak terkait memantau jalur tol dari Jakarta hingga Brebes Timur, Minggu (4/9).‎ Sebab, pada pekan depan akan terjadi libur panjang dalam rangka memperingati Idul Adha.

Agung mengatakan, pihaknya memprediksi masyarakat akan menggunakan jalur Cikampek dan Cipali. Guna mengantisipasi kemacetan sepanjang jalur tersebut, pengendalian arus lalu lintas akan dimulai dari dalam kota Jakarta yang dimulai dari pintu tol Halim, Cawang, Jakarta Timur.

"Didukung juga dengan kerja sama dengan jalur tol Cikarang Utama sampai dengan Brebes," kata Agung dalam keterangannya.

Dia menekankan, personel akan ditempatkan maksimal di tol Halim‎, yang kemudian tetap mengendalikan arus lalu lintas hingga Cikarang Utama.

"Namun hal tersebut tentu berlaku situasional. Artinya, jika nanti pada saat antrean di Brebes Timur mencapai 5 Km, pintu tol Cikarang Utama akan ditutup sebagian untuk mengurangi volume kendaraan dari Jakarta menuju Brebes Timur," jelas dia.

"Antisipasi lain dilakukan jika masih terjadi kepadatan, kendaraan akan keluar melalui Karawang Barat hingga Karawang Timur. Hal itu dilakukan untuk mengurangi laju kendaraan ke arah Brebes," tambah Agung.

Sementara itu, Agung mengimbau bahwa masyarakat jangan terpaku menggunakan jalur Cipali untuk menuju Jawa Tengah. Sebab, ada tiga pilihan lain bagi masyarakat, yakni Pantura, jalur tengah, dan selatan.

‎"Sementara itu untuk rekayasa lalu lintas khusus di hari Jumat mendatang, kendaraan dari arah Semarang akan dimasukkan melalui tol Brebes Timur. Sehingga tidak terjadi krosing kendaraan yang keluar dari Brebes Timur dan kendaraan dari Jawa Tengah," jelas dia.

JAKARTA - Kakorlantas Polri Irjen Agung Budi Maryoto dan sejumlah pihak terkait memantau jalur tol dari Jakarta hingga Brebes Timur, Minggu (4/9).‎

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News