Kakorpolairud Cek Pengamanan Arus Mudik di Pelabuhan Bakauheni-Merak

Kakorpolairud Cek Pengamanan Arus Mudik di Pelabuhan Bakauheni-Merak
Kakorpolairud Polri Irjen Mohammad Yassin Kosasih mengecek kesiapan pengamanan arus mudik Lebaran di Bakauheni. Dok: Humas Polri.

jpnn.com, MERAK - Kepala Korps Kepolisian Perairan dan Udara (Korpolairud) Badan Pemelihara Keamanan (Baharkam) Polri Irjen Mohammad Yassin Kosasih, mengecek persiapan pengamanan arus mudik lebaran dalam rangka Operasi Ketupat 2024, di Pelabuhan Bakauheni, Lampung dan Pelabuhan Merak, Banten.

Yassin yang didampingi Dirpoludara Korpolairud, KabagOpsnal & TIK Korpolairud, dan Kasubdit Patroli Udara Ditpoludara, take off menggunakan Heli AW-169 dari Mako Ditpoludara Pondok Cabe sekitar pukul 07.30 dan tiba di Bakauheni pukul 08.45 WIB.

“Kami melakukan pengecekan untuk kegiatan pengamanan Operasi Ketupat 2024, menghadapi arus mudik lebaran di Pelabuhan Bakauheni. Karena seperti yang telah disampaikan oleh Bapak Mendagri, untuk tahun ini diprediksi akan mengalami peningkatan arus mudik,” ujar Yassin, Kamis (28/3).

Menurut Yassin, setelah melihat pemaparan dari pihak ASDP Pelabuhan Bakauheni, ada upaya perbaikan dalam menghadapi pengamanan arus mudik Idulfitri dari tahun ke tahun.

“Kesiapan personel harus benar-benar all out dalam melaksanakan pelayanan kepada masyarakat yang melaksanakan mudik lebaran. Inovasi yang telah disiapkan seperti delaying system, rekayasa lalu lintas kendaraan yang menuju Pelabuhan Bakauheni dan radius reservasi tiket sangat baik untuk menghindari penumpukan kendaraan yang masuk ke pelabuhan,” ungkapnya.

Yassin meminta kepada personel Ditpolairud Polda Lampung agar mengecek dengan benar kapal penumpang terkait kelengkapan alat navigasi, perlengkapan alat keselamatan, dan kesesuaian tiket penumpang dengan kapasitas yang mampu ditampung oleh kapal.

“Tidak kalah penting, untuk kendaraan yang akan naik ke kapal harus di-lashing supaya ketika terjadi ombak tidak mengganggu kestabilan kapal. Terima kasih atas kesiapan dari ASDP Lampung dan jajaran Polda Lampung dalam menghadapi Operasi Ketupat tahun 2024, untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” katanya.

Sementara itu, General Manager PT ASDP Cabang Pelabuhan Bakauheni Rudi Sunarko menyampaikan, Pelabuhan Bakauheni menyiapkan 63 Kapal yang siap beroperasi untuk angkutan penyeberangan lintas Merak-Bakauheni. Termasuk, posko pengamanan dan posko kesehatan guna melayani masyarakat yang melaksanakan mudik lebaran.

Kakorpolairud Polri Irjen Mohammad Yassin Kosasih mengecek kesiapan pengamanan arus mudik Lebaran.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News