Kalahkan Cile 3-0, Brazil Jumpa Belanda

Kalahkan Cile 3-0, Brazil Jumpa Belanda
SUNDUL - Juan (kiri) ketika menyundul bola umpan dari tendangan pojok Maicon, di sela-sela para pemain lainnya di kotak penalti itu, yang kemudian membuahkan gol perdana bagi Brazil atas Cile, dalam pertandingan di Ellis Park, Senin (28/6) malam. Foto: Richard Heathcote/Getty Images/FIFA.com.
JOHANNESBURG - Bermain di hadapan sejumlah besar fans yang mengelu-elukan keberadaan mereka di Stadion Ellis Park, Johannesburg, tim Samba Brazil akhirnya sukses menekuk Cile, dalam pertandingan perdelapan final Piala Dunia (PD) 2010, Senin (28/6) malam waktu setempat atau Selasa (29/6) dinihari WIB. Tigal gol tanpa balas yang dicetak para pemain Brazil itu, menjadikan ini sebagai catatan ketiga bagi Cile disingkirkan oleh tim Samba di putaran final PD.

Adalah pada PD 1962 lalu, pertama kali Cile disingkirkan Brazil di ajang PD, tepatnya yakni di babak semifinal. Lantas, pada PD 1998 di Prancis, Cile pun harus takluk kepada Ronaldo (bintang Brazil saat itu, Red) dan kawan-kawan, pada babak perdelapan final. Di kedua pertandingan, Brazil mencetak gol sama banyaknya yaitu empat gol. Kini, lewat gol-gol dari Juan, Luis Fabiano, serta Robinho, Brazil kembali harus mengubur mimpi Cile untuk terus melaju.

Dikalahkan Brazil dua kali (kandang dan tandang) dalam kualifikasi jelang ke Afrika Selatan (Afsel) ini, Cile mengawali pertandingan kali ini dengan niat menuntaskan balas dendam, namun tetap penuh kehati-atian. Terbukti, lebih dari separuh babak pertama, Cile lebih mendominasi ball possession. Hanya saja, ancaman berbahaya yang dihadirkan para pemain Cile ke gawang Brazil yang dijaga Julio Cesar nyaris tak tampak. Bahkan sebaliknya, lewat aksi-aksi Fabiano, Gilberto Silva, hingga Kaka, gawang Cile yang dijaga Claudio Bravo-lah yang justru sudah sempat terancam sejak awal.

Baru pada menit ke-35 akhirnya, gawang Cile benar-benar kebobolan, lewat sundulan pemain bertahan Juan, buah dari sepakan pojok yang dilakukan Maicon. Pemain yang tak terkawal dengan baik ini berhasil memanfaatkan bola lambung itu dengan tepat, hingga tandukannya tak terantisipasi oleh Bravo dan menggoyang jala gawang Cile. Lantas, tiga menit kemudian, giliran Fabiano pula memperbesar keunggulan Brazil menjadi 2-0. Gol ini berawal dari aksi serangan balik yang melibatkan Robinho, dilanjutkan kepada Kaka, yang dengan aksinya sambil menarik para pemain bertahan Cile lantas berhasil mengirim umpan matang kepada Fabiano.

JOHANNESBURG - Bermain di hadapan sejumlah besar fans yang mengelu-elukan keberadaan mereka di Stadion Ellis Park, Johannesburg, tim Samba Brazil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News