Kalau ke Argentina, Mampirlah ke Kafe Lattente, Cari Zehan

Kalau ke Argentina, Mampirlah ke Kafe Lattente, Cari Zehan
Zehan Nurhadzar (tengah) dan dua barista yang bekerja di Lattente, Buenos Aires. Foto: Juneka/Jawa Pos

jpnn.com, BUENOS AIRES - Cukup sulit menemukan kopi enak di Buenos Aires, tapi tidak setelah Zehan Nurhadzar mendirikan Lattente. Siapa Zehan?

Wartawan Jawa Pos Juneka S Mufid berkesempatan menemui perempuan kelahiran Bogor itu di ibu kota Argentina tersebut awal Desember lalu.

***

Cappuccino saya tinggal setengah saat Zehan Nurhadzar datang menyapa. Mengenakan blazer hitam dan rok putih bermotif, dengan rambut yang pirang tergerai, dia meminta dua barista perempuan menyiapkan seduhan. ”Kopi dari Guatemala ya,” katanya kepada dua barista itu dalam bahasa Spanyol.

Sore itu, Lattente, kafe yang dia miliki bersama Daniel Cifuentes, seorang kawan warga Argentina, sedang ramai. Belasan pelanggan tengah asyik mengopi di kafe yang berada di dekat pusat perbelanjaan Distrito Arcos, Buenos Aires.

”Kalau beberapa kali dengar assalamualaikum, jangan kaget. Ibuku baru dari sini, jadilah mereka (para barista Lattente, Red) belajar bahasa-bahasa,” kata Zehan, lantas tertawa.

Adalah Antonius, staf Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Buenos Aires, yang merekomendasikan Lattente. Sebuah specialty coffee shop yang sudah punya nama beken di Argentina.

Di Google, dalam pengecekan awal Desember lalu, Lattente mendapat nilai 4,5/5 dari 689 orang yang memberikan ulasan. Selain karena kopi yang disajikan, sosok Zehan, perempuan kelahiran Bogor, Jawa Barat, 14 Mei 1986 itu yang menjadi dasar rekomendasi Anton, sapaan Antonius.

Seusai kuliah di Rusia, Zehan memang dihadapkan pada pilihan kembali ke Jakarta atau tinggal di Argentina. Dia pun memilih Argentina karena tidak suka Jakarta.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News