Kalbar Butuh 8 Ribu Guru

Kalbar Butuh 8 Ribu Guru
Kalbar Butuh 8 Ribu Guru
PONTIANAK - Kepala Dinas Pendidikan Kalbar, Alexius Akim, mengungkapkan, kekurangan guru adalah masalah klasik bagi provinsi ini. Sejak dulu sampai sekarang, jumlah guru di Kalbar memang belum memadai. Jika melihat dari kategori guru kelas, jumlah kekurangan guru di Kalbar mencapai kira-kira 8.000 orang mulai dari tingkat SD sampai dengan SMA.

 

Untuk tingkat SD saja, kekurangannya sampai lima ribuan orang. Belum lagi jika memperhitungkan adanya pensiun massal guru pada 2011-2012 yang diperkirakan mencapai seribu orang. Menyikapi persoalan ini, Dinas Pendidikan sudah berkoordinasi dengan BKD Provinsi Kalbar, bagaimana agar ke depan kuota pengangkatan guru di Kalbar bisa lebih banyak.

Pemerintah provinsi melalui Badan Kepegawaian Daerah sudah berupaya mengajukan pengangkatan guru PNS kepada pemerintah pusat dalam jumlah banyak. Setiap tahun, jumlah yang diusulkan mencapai sekitar 10 ribu orang. Namun, jumlah yang dikabulkan sangat tidak sebanding dengan yang diusulkan.

“Untuk se-Kalbar, yang dikabulkan paling banyak seribu orang, itu pun tidak nyampai,” katanya. (ron/fuz/jpnn)

PONTIANAK - Kepala Dinas Pendidikan Kalbar, Alexius Akim, mengungkapkan, kekurangan guru adalah masalah klasik bagi provinsi ini. Sejak dulu sampai


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News