Kalbe Farma Terapkan Teknologi Nano

Kalbe Farma Terapkan Teknologi Nano
Kalbe Farma Terapkan Teknologi Nano
JAKARTA - PT Kalbe Farma Tbk perusahaan yang bergerak di bidang farmasi menerapkan teknologi nano atau teknologi yang membagi partikel menjadi berukuran nano meter pada produk multivitamin Fatigon Spirit. "Dalam dunia farmasi teknologi ini diterapkan agar pemberian obat sesuai dengan kebutuhan. Dengan menggunakan teknologi nano, kami bisa menghemat bahan baku," kata Manager Consumer Health Division PT Kalbe Farma Tbk Helmin Agustina di Jakarta, Selasa (15/3).

Dia mengatakan teknologi nano merupakan  pengembangan dan penerapan nano partikel (Nano materials), yang merupakan potongan materi yang lebih kecil dari 100 nanometer. "Sebagai gambaran Lebar rambut manusia sekitar 100 ribu nanometer, nano partikel sedikitnya seribu kali lebih kecil dari lebar rambut," tuturnya.

Nano partikel tidak bisa dilihat dengan mata manusia atau dengan mikroskop biasa, tetapi harus menggunakan mikroskop elektron. Itu karena semua sel tubuh manusia terdiri dari partikel yang sangat kecil. Sehingga, untuk memberikan terapi yang spesifik dan tepat sasaran diperlukan obat yang partikelnya kecil juga.

Dia mencontohkan penggunaan teknologi nano pada gingseng atau nano gingseng membuat kandungan "ginsensoside" atau zat yang bermanfaat bagi tubuh menjadi lebih banyak. Kebanyakan ekstrak ginseng hanya mengandung dua persen ginsenoside, sedangkan ginseng terstandart G115  hanya empat persen, untuk nano ginseng didapatkan kadarnya tujuh persen.

JAKARTA - PT Kalbe Farma Tbk perusahaan yang bergerak di bidang farmasi menerapkan teknologi nano atau teknologi yang membagi partikel menjadi berukuran

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News