Kali Cikarang Tercemar Parah

Kali Cikarang Tercemar Parah
Kali Cikarang Tercemar Parah
 BEKASI-Pencemaran Kali Cikarang sudah sangat parah. Setelah komplain warga berulang kali tidak didengar, akhirnya DPRD Kabupaten Bekasi menggelar pertemuan guna mengatasi pencemaran tersebut. Pencemaran itu dibahas di dewan dengan mengundang perwakilan perusahaan yang diduga membuang limbah ke Kali Cikarang, perwakilan warga dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi.

Hal itu dilakukan guna mencari jalan keluar mencegah tercemarnya Kali Cikarang dengan limbah pabrik. Tapi, bukanya solusi tapi pertemuan itu nyaris terjadi keributan. Pasalnya, tidak ditemukan kata sepakat terkait keinginan warga yang meminta agar Kali Cikarang bersih seperti dulu dan melarang perusahaan membuang limbahnya ke kali tersebut.

”Kami sebagai warga merasa jadi korban limbah yang dibuang seenaknya oleh perusahaan-perusahaan besar yang ada di Bekasi ini. Kali Cikarang yang dulunya bisa digunakan untuk berbagai kegiatan sehari-hari, kini tidak bisa lagi. Sudah tercemar limbah pabrik,” terang Marjaya, salah satu warga Sukatani, kemarin.

       

Akibat limbah itu produktivitas warga menurun. Untuk pertanian, yang awalnya satu hektar sawah bisa memanen 6 ton padi dalam setahun tapi kini hanya 4 ton. ”Air yang tercemar mempengaruhi produktivitas sawah. Kami minta Kali Cikarang harus bersih kembali. Perusahaan yang mencemarkan Kali Cikarang harus bertanggungjawab,” ujar Marjaya juga.

           

 BEKASI-Pencemaran Kali Cikarang sudah sangat parah. Setelah komplain warga berulang kali tidak didengar, akhirnya DPRD Kabupaten Bekasi menggelar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News