Kalteng akan Bangun PLTA dan PLTG

Kalteng akan Bangun PLTA dan PLTG
Kalteng akan Bangun PLTA dan PLTG
PALANGKA RAYA – Kalteng saat ini sedang menjajaki kemungkinan membangun pembangkit listrik tenaga air (PLTA) dan pembangkit listrik tenaga gas (PLTG) pada sejumlah daerah. Tujuannya, menambah daya listrik yang selama ini sangat kurang yang mengakibatkan sering dimatikannya arus listrik di provinsi ini secara bergiliran untuk berbagi daya.Gubernur Kalteng Agustin Teras Narang mengatakan, PLTA rencananya dibangun di Kabupaten Katingan dengan kekuatan sekitar 300 megawatt (MW) dan PLTG di daerah Bangkinang, Barito Utara (Batara). Tahapan saat ini yang sudah dilakukan adalah studi kelayakan (feasibility study).

“Feasibility study (misalnya untuk) PLTA sedang dilakukan untuk mengetahui tekanan air konsisten atau tidak. Sebab, yang diperlukan (untuk membangkitkan tenaga listrik dari tekanan air) adalah konsistensi, saat kemarau jangan sampai kekurangan air karena turbin tak akan berjalan jika tekanannya kurang,” ujar Teras Narang kepada beberapa wartawan usai peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-29 di Aula Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kalteng.

Dijelaskannya, penambahan daya listrik di Kalteng adalah kebutuhan yang mendesak. Itu tak bisa lama-lama dilaksanakan karena warga Kalteng selalu merasakan giliran mati lampu di rumahnya karena defisit daya sebagaimana yang disampaikan instansi terkait yang menangani kelistrikan yakni Perusahaan Listrik Negara (PLN).

 

“Kita tak bisa berlama-lama (membiarkan listrik selalu mati hidup) karena punya harapan awal 2011 Kalimantan Tengah sudah tak kesulitan listrik. Selain itu, ini (persiapan pembangunan PLTA dan PLTG) sesuai harapan Bapak Presiden (Susilo Bambang Yudhoyono) untuk tak banyak menggunakan batubara,” ucapnya.

PALANGKA RAYA – Kalteng saat ini sedang menjajaki kemungkinan membangun pembangkit listrik tenaga air (PLTA) dan pembangkit listrik tenaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News