Kalteng Siapkan Jalur Kereta Api 1800 Km

Kalteng Siapkan Jalur Kereta Api 1800 Km
Kalteng Siapkan Jalur Kereta Api 1800 Km
JAKARTA – Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) terus berupaya merealisasikan proyek jalur kereta api sepanjang 1800 kilometer yang melintasi daerah-daerah di Kalteng. Selain untuk mempermudah masyarakat mengakses transortasi, kereta api juga akan digunakan untuk mengangkut batubara.

Hal itu dikatakan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Kalteng, Syahrin Daulay, dalam seminar nasional tentang perkeretapian di Jakarta, Kamis (4/11). "Rencana pembangunan rel akan direalisasikan secara bertahap," ujar Syahrin.

Dirincikannya, untuk tahap pertama akan dibangun jalur rel kereta api Puruk Cahu-Bangkuang dengan panjang 185 KM, serta jalur Bangkuang-Lupak Dalam sepanjang 175 KM. Sementara pada tahap kedua, akan dibangung jalur Kudangan-Kumai sepanjang 195 KM.

Adapun tahap tiganya adalah pembangunan  jalur rel Puruk Cahu-Kuala Kurun sampai Kuala Pembuang dengan panjang 466 Km. Untuk tahap empat, akan dibangun jalur sepanjang 418 Km dari Tumbang Samba hingga Nanga Bulik. "ahap terakhir adalah dari Kuala Kurun-Lupak Dalam dengan panjang 390 KM,’’ papar Syahrin.

JAKARTA – Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) terus berupaya merealisasikan proyek jalur kereta api sepanjang 1800 kilometer yang melintasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News