Kampung Akuarium Karya Anies Baswedan Raih Penghargaan Internasional

Kampung Akuarium Karya Anies Baswedan Raih Penghargaan Internasional
Warga Jakarta saat menyambut kedatangan Anies Baswedan sebagai gubernur DKI di Balai Kota, Senin (16/10/2017). Foto : Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Hasil karya Anies Baswedan kembali meraih penghargaan internasional. Kali ini Kampung Akuarium yang memperoleh penghargaan bergengsi, Innovation Awards 2023 dari Asia Pacific Housing Forum (APHF).

Kampung vertikal ini diumumkan sebagai pemenang kategori Dampak Perumahan Masyarakat Sipil dalam sesi penganugerahan yang digelar di Suwon, Korea Selatan, pada 26—27 Oktober.

Juru Bicara Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Pipin Sopian mengapresiasi atas penghargaan internasional Kampung Akuarium yang menjadi salah satu hasil legacy Anies Baswedan.

Menurutnya, Kampung Akuarium menjadi bukti Anies merupakan pemimpin yang memiliki kepedulian dan ketegasan soal keadilan sehingga kebijakan yang diambil memberikan rasa keadilan bagi warga.

"Mas Anies mengembalikan warga tergusur dengan membangun Kampung Akuarium yang kini mendapatkan penghargaan internasional. Ini membuktikan bahwa Mas Anies pemimpin yang memiliki kepedulian dan menghadirkan rasa keadilan bagi warganya," tutur Pipin, Jumat (27/10).

Pada 2016, Kampung Susun Bahari Akuarium digusur oleh Pemprov DKI Jakarta era Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Kemudian, ketika menjadi Gubernur DKI Jakarta, Anies mengembalikan warga tergusur dan bersama dengan warga dan Rujak Center membangun Kampung Akuarium.

Melalui advokasi, pengorganisasian, dan taktik lainnya, warga bersama Rujak Center for Urban Studies, Jaringan Rakyat Miskin Kota Jakarta, dan Konsorsium Masyarakat Miskin Kota berhasil mendorong pembangunan kembali permukiman tersebut.

Kampung Akuarium yang memperoleh penghargaan bergengsi, Innovation Awards 2023 dari APHF

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News