Kampung Narkoba di Priok Digerebek, Dua TNI Dibekuk

Kampung Narkoba di Priok Digerebek, Dua TNI Dibekuk
Kapolrestro Jakarta Utara Kombespol Awal Chairuddin (kiri) menanyai sejumlah orang yang diamankan. Foto: Septian Nurhadi/Jawa Pos

jpnn.com - jpnn.com -Polres Metro Jakarta Utara bersama BNN dan TNI menggelar operasi besar-besaran di kawasan Tanjung Priok, Sabtu (14/1) kemarin.

Kampung Bahari yang dikenal sebagai salah satu sentra narkoba, digerebek tim gabungan tersebut. Dari penggerebekan itu, polisi mengamankan 53 paket sabu-sabu. Beberapa di antaranya disita saat transaksi.

Ada 21 orang yang dibekuk. Dua di antaranya adalah anggota TNI-AD bernama Aljufri Maulana dan Budi Susanto.

Razia kemarin memang mengejutkan warga setempat. Sebab, aparat mulai turun serta melakukan penyisiran pukul 05.00. Ada 114 personel bersenjata yang mengawal tim itu.

Mendengar suara sepatu laras berderap, sejumlah warga langsung terbangun dan terlihat panik. Ada yang berlari-lari entah karena apa. Ada pula yang terlihat membuang sesuatu. Termasuk yang bergegas menata rumah. Namun, banyak pula yang terhenyak dan hanya bisa pasrah. Terutama warga yang tinggal di gubuk - gubuk dekat rel kereta api.

Sejumlah orang yang bertransaksi narkoba hanya bisa pasrah saat terkepung petugas. "Sempat ada yang dibuang, tapi diketahui petugas. Karena itu, mereka tak bisa mengelak," ucap Kapolrestro Jakarta Utara Kombespol Awal Chairuddin. "Para pelaku diamankan saat melakukan transaksi narkoba," imbuh perwira dengan tiga melati di pundak tersebut.

Dia menambahkan, dua tentara yang terlibat narkoba itu langsung diserahkan kepada pihak TNI untuk proses hukum lebih lanjut. Sebab, yang berhak mengadili tentara adalah pengadilan militer. "Sebanyak 19 orang lainnya kami ta­ngani," ucapnya.

Kampung Bahari telah dikenal sebagai Kampung Narkoba. Bertahun-tahun transaksi narkoba kerap dilakukan di lokasi tersebut. Bahkan, lokasi itu sering digunakan untuk berpesta narkoba. Untuk memberikan rasa aman kepada pemakai, pen­jagaan ketat dilakukan warga setempat. Kerap ada cerita bahwa warga di sana yang tak segan-segan untuk menganiaya siapa pun yang mengusik bisnis tersebut.

Polres Metro Jakarta Utara bersama BNN dan TNI menggelar operasi besar-besaran di kawasan Tanjung Priok, Sabtu (14/1) kemarin.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News