Kamrussamad: Kritik Mas Ibas Soal Negara Gagal Warning bagi Calon Pemimpin Indonesia

Kamrussamad: Kritik Mas Ibas Soal Negara Gagal Warning bagi Calon Pemimpin Indonesia
Anggota komisi XI DPR Kamrussamad. Foto: dok for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Anggota DPR Fraksi Partai Gerindra Kamrussamad merespons kritik yang disampaikan Ketua Fraksi Partai Demokrat di DPR Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas, yang khawatir negara Indonesia disebut sebagai failed nation atau bangsa gagal akibat tidak mampu menyelamatkan rakyatnya dari Covid-19.

Menurut Kamrussamad, besarnya tantangan yang dihadapi Indonesia saat ini telah mengubah arah kebijakan pembangunan nasional akibat krisis yang ditimbulkan pandemi Covid-19.

Oleh karena itu, Kamrussamad menilai pendapat Ibas yang juga putra bungsu Presiden Keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono itu merupakan warning bagi pemimpin saat ini, maupun yang akan datang.

"Pendapat dari Mas Ibas selaku pimpinan Fraksi Partai Demokrat adalah warning bagi pemimpin saat ini dan sekaligus calon pemimpin Indonesia ke depan sehingga memiliki kesiapan leadership dalam menjalankan tugas negara yang dipercayakan rakyat Indonesia," ujar Kamrussamad kepada JPNN.com, Jumat (9/7).

Wakil rakyat dari Daerah Pemilihan III DKI Jakarta (Jakarta Utara, Jakarta Barat, dan Kepulauan Seribu) itu mengatakan failed nation atau negara gagal bisa saja terjadi apabila pemerintahan berdaulat kehilangan kontrol terhadap wilayah kedaulatannya,

"Juga tidak mampu menyediakan layanan publik, tidak mampu berinteraksi dengan negara lain karena sesuatu dan lain hal, serta tergerusnya kepercayaan publik atau rakyat yang memilihnya," urai Kamrussamad.

Lebih jauh dia menuturkan kunci Indonesia untuk sanggup melewati masa krisis multidimensi ini adalah persatuan stakeholder nasional, serta satukan langkah penyelamatan nyawa rakyat.

"Fokus menyiapkan layanan kesehatan warga, kendalikan setiap perlintasan teritorial, bangun optimisme bahwa Bangsa Indonesia adalah bangsa besar yang sanggup mengatasi krisis multidimensi," pungkas Kamrussamad.

Anggota DPR Fraksi Partai Gerindra Kamrussamad mengatakan kritik dari Mas Ibas soal failed nation atau negara gagal, merupakan warning bagi pemimpin saat ini dan di masa yang akan datang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News