Kamrussamad: P20 Menjadi Momen Mempercepat Pemulihan Ekonomi Nasional dan Global

Kamrussamad: P20 Menjadi Momen Mempercepat Pemulihan Ekonomi Nasional dan Global
Anggota BKSAP Kamrussamad pada Forum and the 8th G20 Parliamentary Speakers Summit. Foto: Dokumen MCKS.

jpnn.com - JAKARTA - Anggota Komisi XI DPR Kamrussamad menyatakan P20 menjadi momen penting dalam mempercepat pemulihan ekonomi nasional dan global. 

Anggota Badan Kerjasama Antar Parlemen ini menyampaikan itu pada event Forum and the 8th G20 Parliamentary Summit di Gedung DPR RI, 5-7 Oktober 2022.

"Di tengah agenda setiap negara yang sedang berkonsentrasi pada pemulihan ekonomi, dunia sedang menghadapi satu ancaman bersama yaitu ketidakpastian ekonomi global,” kata Kamrussamad. 

Dia menambahkan pemulihan ekonomi global pascapandemi Covid-19, konflik Ukraina dan Rusia, ketegangan di Laut China Selatan, hingga agresivitas Bank Sentral dalam mengendalikan inflasi, semuanya akan berujung pada terancamnya kualitas hidup masyarakat dunia akibat rantai pasok pangan dan energi yang terganggu. 

Karena itu, katanya, forum P20 harus menjadi forum yang mampu menggugah kesadaran dan membangkitkan komitmen parlemen dunia untuk pulih bersama. 

Menurut dia, dengan mendapatkan keistimewaan sebagai tuan rumah, di sisi lain, Indonesia harus memanfaatkan momen G20 ini untuk mengoreksi, membenahi dan mengakselerasi sektor-sektor yang menjadi perhatian dalam perhelatan tersebut, seperti pembangunan berkelanjutan dan ekonomi hijau serta pemberdayaan perempuan.

"Sebagai tuan rumah idealnya Indonesia harus menjadi contoh dari kemajuan-kemajuan di bidang tersebut,” kata politikus Partai Gerindra, itu. 

Kegiatan P20 berlangsung pada 5-7 Oktober 2022. Kegiatan P20 dihadiri para ketua dan delegasi parlemen dari seluruh negara G20 dalam rangka memperkuat multilateralisme pada sejumlah isu prioritas P20, yakni pembangunan berkelanjutan, ekonomi hijau dan pemberdayaan perempuan, demi membangun kerja bersama antarnegara yang efektif. (boy/jpnn)

Kamrussamad mengatakan P20 menjadi momen mempercepat pemulihan ekonomi nasional dan global.


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News