JPNN.com

Kandungan Cokelat Ini Bisa Normalkan Tekanan Darah

Jumat, 11 September 2020 – 21:45 WIB
Kandungan Cokelat Ini Bisa Normalkan Tekanan Darah - JPNN.com
Ilustrasi, seseorang wanita sedang memakan cokelat. Foto: klikdokter

jpnn.com, JAKARTA - Bertambahnya usia tetapi tidak diikuti gaya hidup sehat membuat tubuh rentan terserang penyakit. Untuk itu, Anda harus mengoptimalkan tubuh agar tetap prima, terlebih di masa pandemi ini.

Lantas apa saja yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh?

Dokter spesialis gizi klinik dr. Diana Suganda, menerangkan bahwa penerapan pola hidup sehat dapat meningkatkan daya tahan tubuh, salah satunya dengan konsumsi makanan yang memiliki kandungan tinggi flavanol.

“Flavanol merupakan senyawa antioksidan yang terdapat di biji cokelat, yaitu cocoa flavanol. Kandungan flavanol pada cocoa dapat meningkatkan elastisitas pembuluh darah,” ujar Diana, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (11/9).

Menurut penelitian yang dilakukan oleh American Heart Association, usia di atas 30 tahun manusia rentan terkena risiko penyakit stroke dan serangan jantung yang umumnya diawali dari tekanan darah tinggi.

Beberapa jurnal dan studi global telah mengulas manfaat flavanol dalam cokelat (cocoa) terhadap berbagai penyakit, salah satunya meringankan beban kerja jantung.

Peredaran darah sehat sangat bergantung dari pembuluh darah elastis yang bisa didapatkan dengan konsumsi rutin coklat tersebut minimal 200mg/hari.

Cocoa flavanol dapat memperbaiki pembuluh darah yang tidak elastis sehingga meringankan beban kerja jantung dan meningkatkan fungsi jantung.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
jlo