Kang Emil dan Bang Ara Ajak Pemuda Lawan Anti-Pancasila

Kang Emil dan Bang Ara Ajak Pemuda Lawan Anti-Pancasila
Ketua Umum TMP Maruarar Sirait (nomor 3 dari kiri) bersama Wali Kota Bandung Ridwan Kamil (berkaus putih) di acara Kirab Kebangsaan di Pamanukan, Subang, Jawa Barat, Sabtu (4/3). Foto: RMOL

jpnn.com - jpnn.com - Organisasi kemasyarakatan (ormas) pemuda Taruna Merah Putih (TMP) terus menyuarakan dan memperjuangkan Pancasila sebagai falsafah dan dasar negara.

Sabtu (4/3), organisasi pimpinan Maruarar Sirait itu  menggelar Kirab Kebangsaan Pancasila Rumah Kita di Pamanukan, Subang, Jawa Barat. TMP menggandeng GP Ansor Subang untuk menggelar kirab bertema Bersatu Kita Teguh itu.

Maruarar juga mengajak Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dan Yenny Wahid ikut dalam kirab itu. Kirab yang diikuti puluhan ribu orang itu dimulai dari Lapangan Balai Desa Rancasari dan berakhir di Bintang Fantasi Pamanukan.

Kirab dimeriahkan dengan marching band dari  Gita Swara Tandang Pemerintah Kabupaten Sumedang, Paskibra SMA N 1 Pamanukan, pencak silat, marawis, hingga barongsai dan sesingaan. TMP juga menyediakan stan gratis bagi pedagang kaki lima dan sejumlah komunitas. Antara lain komunitas Ontel, Komunitas Reggae Pantura , Perpustakaan  Jalanan Subang dan Viking Pamanukanan.

Ara -panggilan akrab Maruarar- dalam sambutannya mengatakan, kader-kader TMP harus selalu siap dan berada di garda terdepan dalam mengawal dan membela Pancasila. "Siap membela Pancasila, Siap membela NKRI," katanya.

Politikus muda PDIP itu menambahkan, menjaga Pancasila berarti merawat kebinekaan, toleransi dan NKRI. Karenanya, Ara mengajak seluruh kader TMP dan warga lainnya untuk melawan pihak-pihak yang mengancam Pancasila.

Karenanya Ara mengapresiasi warga Pamanukan yang mau terlibat dalam Kirab Kebangsaan itu. "Mari bersatu untuk pluralisme dan Indonesia. Kita di sini bermacet-macet untuk membela kemajemukan," tuturnya.

Sedangkan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil memuji konsistensi TMP menyuarakan Pancasila dan menjaga kebinekaan. Kang Emil -panggilan akrabnya- menegaskan, kalangan muda memang harus aktif membela Pancasila dan NKRI.

Organisasi kemasyarakatan (ormas) pemuda Taruna Merah Putih (TMP) terus menyuarakan dan memperjuangkan Pancasila sebagai falsafah dan dasar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News