Kang Hasan Ingin Kembalikan Citarum sebagai Urat Nadi Jabar

Kang Hasan Ingin Kembalikan Citarum sebagai Urat Nadi Jabar
Calon Gubernur Jawa Barat TB Hasanuddin saat mengunjungi daerah aliran sungai (DAS) Citarum di Kabupaten Bandung. Foto: RMO/JPG

jpnn.com, BANDUNG - Calon gubernur Jawa Barat dari PDI Perjuangan TB Hasanuddin menunjukkan kepeduliannya terhadap kelestarian lingkungan. Dia meminta masyarakat di daerah aliran sungai (DAS) Citarum untuk turut serta menjaga kelestarian lingkungan.

Hari ini (9/2), ketua DPD PDIP Jawa Barat itu mengunjungi kawasan DAS Citarum di Kampung Cijeruk, Desa Bojongsari, Kecamatan Bojong Soang, Kabupaten Bandung. Hasanuddin mengatakan, jika kelak dipercaya memimpin Jabar maka kelestarian Citarum menjadi prioritasnya.

"Saya berkomitmen penuh menjaga kelestarian Citarum, karena air adalah indung, sumber kehidupan masyarakat yang patut dijaga," katanya.

Pensiunan tentara dengan pangkat terakhir mayor jenderal itu juga menyampaikan apresiasinya atas upaya Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Kodam III/Siliwangi yang saat ini tengah melaksanakan program Citarum Harum. Namun, dia juga meminta pemerintah untuk benar-benar tegas dalam menindak siapa pun yang mencemari Sungai Citarum.

Lebih lanjut Hasanuddin mengatakan, penyebab utama pencemaran di Citarum adalah ketidakpedulian masyarakat dalam menjaga lingkungan sekitar. Padahal, sungai berperan penting dalam kehidupan

“Masyarakat juga tidak paham betapa pentingnya sungai yang airnya bersih dan melimpah bagi kehidupan jangka panjang dan perekonomian. Kesadaran masyarakat ini yang harus terus kita tumbuhkan dan ada ketegasan bagi pelanggar," cetus calon gubernur Jabar yang akrab disapa dengan panggilan Kang Hasan itu.

Untuk itu, Hasanuddin mengaku sudah menyiapkan ide jika kelak memimpin Jabar. Antara lain pemulihan Citarum sebagai urat nadi masyarakat Jabar.

Dia akan menggenjot sosialisasi tentang pentingnya lingkungan melalui lembaga-lembaga pendidikan dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi. Selain itu, Hasanuddin menawarkan gagasannya untuk menjadikan Citarum sebagai pusat kegiatan ekonomi jangka panjang melalui pariwisata.

Calon gubernur Jawa Barat dari PDI Perjuangan TB Hasanuddin mengajak masyarakat untuk menjaga Sungai Citarum agar terus bisa menjadi sumber kehidupan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News