Kang Uu: Tak Ada Aturan Baku Tentang Bentuk Masjid

Kang Uu: Tak Ada Aturan Baku Tentang Bentuk Masjid
Masjid. Ilustrasi Foto: dok.JPG

jpnn.com, JAKARTA - Calon Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengaku terkesima dengan bentuk Masjid Al-Safar, Di Rest Area KM 88 tol Purbalenyi arah Jakarta.

Kang Uu singgah ke mesjid itu dalam perjalanan menuju Jakarta untuk tapping acara talk show di TVRI, Rabu siang tadi.

“Arsitektur masjid ini sangat indah dan menjadi ikon tol Purbaleunyi, Jawa Barat,” katanya.

Masjid Al-Safar adalah masjid terbesar di Rest Area di Indonesia. Puncak masjid yang diarsiteki Ridwan Kamil itu tak seperti lazimnya masjid di Indonesia, yakni tanpa kubah.

Belakangan ini, masjid itu menjadi perdebatan sebagian pemuka agama Islam. Di antara mereka ada yang berpendapat membangun masjid tanpa kubah adalah bid’ah.

Menurut Bupati Tasikmalaya dua periode ini, persepsi orang tentang bentuk masjid bisa bermacam-macam. Tapi yang penting masjid ini bermanfaat, bisa dipakai untuk ibadah.

“Karena tidak ada aturan baku tentang bentuk masjid. Asal jangan menyerupai tempat ibadah agama lain, masjid tanpa kubah atau dengan kubah, maknanya sama, untuk tempat ibadah,” katanya.

Pada zaman Rasulullah SAW, kata Kang Uu masjid tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah tapi juga berfungsi sebagai pusat pemerintahan, sentra pendidikan, hingga penentuan strategi peperangan. Bahkan di sekitar masjid dijadikan sebagai pasar dan sentra perdagangan.

Masjid Al-Safar adalah masjid terbesar di Rest Area Indonesia. Puncak masjid yang diarsiteki Ridwan Kamil itu tak seperti lazimnya masjid di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News