Kans Conte Ikuti Jejak Lippi

Kans Conte Ikuti Jejak Lippi
Kans Conte Ikuti Jejak Lippi

jpnn.com - ROMA – Sepuluh tahun lalu allenatore Juventus Marcelo Lippi dipinang demi menangani proyek besar melatih tim nasional (timnas) Italia. Setelah serangkaian musim penuh gelar di klub asal Turin itu, Lippi mampu menularkan prestasinya itu ke Gli Azzurri dengan menjuarai Piala Dunia 2006.

Kini pola yang sama berusaha diterapkan FIGC (Federasi Sepak Bola Italia) dengan menunjuk Antonio Conte Jumat (15/8) dini hari WIB. Penunjukan itu dilakukan langsung oleh Presiden FIGC Carlo Tavecchio.

Dia menelepon Conte beberapa menit setelah terpilih sebagai pemimpin anyar Federasi Sepak Bola Italia itu beberapa jam sebelumnya. Conte pun sepakat menangani Italia hingga 31 Juli 2016.

’’Saya bahagia menjadi pelatih Italia,’’ kata Conte sebagaimana dikutip kantor berita Italia ANSA.

Ujian perdana pengganti Cesare Prandelli yang mundur setelah Italia tersisih di fase grup Piala Dunia 2014 itu dilangsungkan pada 4 September mendatang saat Italia beruji coba dengan Belanda. Sebuah laga yang tidak akan mudah karena Belanda merupakan tim peringkat ketiga Piala Dunia 2014.

Kedua tim kebetulan sama-sama sedang beradaptasi dengan pelatih anyar. Jika Italia dengan Conte, Belanda kini kembali ditangani Guus Hiddink yang pernah membawa skuad Oranje ke semifinal Piala Dunia 1998.

Sejumlah pihak tidak kalah gembira dengan penunjukan Conte. Legenda Italia Dino Zoff menyebut pria yang pernah melakukan transplantasi rambut itu sebagai pilihan sempurna bagi Italia.

Hal senada diungkapkan kiper Gianluigi Buffon. Dia siap mendukung sepenuhnya mantan pelatihnya di Juventus tersebut. ’’Kehadiran dia bakal berdampak sangat positif bagi perkembangan sepak bola Italia dan para pemain di timnas. Sebab, kendati dikenal sebagai sosok kaku, Conte memiliki kecerdasan dan sensitivitas untuk memahami dan beradaptasi dengan situasi yang berubah-ubah,’’ kata Buffon sebagaimana dikutip Football Italia.

ROMA – Sepuluh tahun lalu allenatore Juventus Marcelo Lippi dipinang demi menangani proyek besar melatih tim nasional (timnas) Italia. Setelah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News