Kantor KPU Terbakar, Daerah Ini Siap Gelar Pilkada, Kok Bisa?

Kantor KPU Terbakar, Daerah Ini Siap Gelar Pilkada, Kok Bisa?
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo . FOTO: DOK.JPNN.com

jpnn.com - KEFAMENANU – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan, penyelenggara pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), siap melaksanakan pilkada yang hanya diikuti satu calon tunggal. 

Hal itu diketahui setelah Mendagri turun langsung ke Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), di sela-sela kunjungannya meninjau pembangunan pos lintas batas negara (PLBN) Terpadu Wini yang terdapat di Kabupaten TTU, Rabu (4/11).

“Persiapan Pilkada sudah siap, walaupun kantornya belum ditemukan faktor apa (penyebab, red) terbakar. Anggaran tercukupi, kemudian KPU dan Bawaslu juga siap. Demikian juga dengan saksi di tiap-tiap tempat pemungutan suara (TPS) nantinya juga telah siap,” ujar Tjahjo dalam pesan elektronik kepada wartawan.

Meski penyelenggara dan anggaran telah siap, Tjahjo berharap sosialisasi perlu dimaksimalkan. Apalagi model pilkada di TTU dan dua daerah lain di Indonesia, berbeda dengan 266 daerah lain. Bahwa di kabupaten ini, pilkada dilakukan dengan hanya diikuti satu calon kepala daerah. sehingga surat suara yang digunakan juga nantinya berbeda.

“Sosialisasi (perlu ditingkatkan, red). Karena calon tunggal, itu memilih setuju dan tidak. Jangan sampai disalahartikan, yang tidak datang itu tidak setuju. Padahal yang tidak datang itu ya tidak mnggunakan hak pilihnya,” ujar Tjahjo. 

Menurut mantan Sekjen DPP PDI Perjuangan ini, Presiden Joko Widodo telah meminta agar pelaksanaan pilkada di TTU diperhatikan dengan baik. 

“Yang penting silakan kampanye baik paslon maupun (kelompok, red) yang tidak setuju (dengan paslon, red) sesuai aturan. Sekarang banyak yang bingung kalau coblos foto bagaimana. Makanya sosialisasi baik itu tim dari Kemendagri, KPUD dan Pemda, Panwas maupun Bawaslu, itu terus gencar dilaksanakan,” ujar Tjahjo.(gir/jpnn)


KEFAMENANU – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan, penyelenggara pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Timor Tengah


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News