Kanwil Kemenkumham DKI Didatangi Massa dari BOM, Nih Tuntutannya

Kanwil Kemenkumham DKI Didatangi Massa dari BOM, Nih Tuntutannya
Ahmad, Koordinator Barisan Organ Muda (BOM) saat melakukan aksi unjuk rasa di depan Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta pada Jumat (17/9/2021) Foto: Kenny Kurnia Putra/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Puluhan massa yang tergabung dalam Barisan Organ Muda (BOM) menggelar aksi unjuk rasa di depan Kantor Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Jalan MT Haryono, Jumat (17/9).

Koordinator Barisan Organ Muda (BOM) Ahmad mengatakan pihaknya menuntut Kemenkumham DKI Jakarta bertanggung jawab atas kasus pemalsuan paspor Adelin Lis, terpidana kasus pembalakan liar. 

"Kami meminta Menkum HAM Yosonna Laoly untuk segera memecat oknum pejabat Imigrasi yang saat ini menduduki posisi strategis di Kemenkumham," kata Ahmad kepada wartawan di lokasi demo. 

Massa juga menuntut pihak kepolisian untuk mengusut tuntas kasus pemalsuan paspor yang digunakan Adelin Lis untuk melarikan diri sebelum dieksekusi oleh pihak kejaksaan. 

"Kami mendesak Polri untuk segera mengusut tuntas kasus pemalsuan paspor Adelin Lis," lanjutnya. 

Aksi unjuk rasa berjalan kondusif dengan pengawalan ketat petugas kepolisian Polsek Kramat Jati. Selain itu, petugas internal pengamanan gedung Kanwilkumham juga terlihat sigap menjaga pagar gerbang kantor tersebut. 

Ahmad menjelaskan, Adelin yang divonis 10 tahun penjara serta membayar uang pengganti Rp 119,8 miliar dan dana reboisasi 2,938 juta dollar AS melarikan diri saat akan dieksekusi menggunakan paspor palsu atas nama Hendro Leonardi. 

"Tetapi setelah ditangkap, diduga tidak dilakukan pemeriksaan secara mendalam atas surat-surat palsu yang dimiliki selama pelarian Adelin," jelasnya. 

Puluhan massa yang tergabung dalam Barisan Organ Muda (BOM) menggelar aksi unjuk rasa di depan Kantor Kemenkumham DKI Jakarta, nih tuntutannya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News