Kapal Asing Pakai Pukat Harimau, Nelayan Indonesia Kalah

Kapal Asing Pakai Pukat Harimau, Nelayan Indonesia Kalah
Kapal Asing Pakai Pukat Harimau, Nelayan Indonesia Kalah. Foto JPNN.com

jpnn.com - ANAMBAS - Wakil Bupati Anambas Abdul Haris menjelaskan, banyaknya pencurian ikan membuat masyarakat Anambas yang 90 persen nelayan tersingkir. Kapal pencuri ikan itu biasanya menggunakan kapal besar dengan pukat harimau. Tapi, kapal Indonesia hanya kapal kecil ukuran 8 meter dengan pancing biasa.

"Kami tidak ingin tersingkir dari laut sendiri," Jumat (5/12).
    
Bahkan, kapal asing pencuri ikan itu banyak yang nekat dan membahayakan nelayan Indonesia. Misalnya, beberapa bulan lalu, ada laporan nelayan Anambas yang hampir tertabrak kapal pencuri ikan. "Untunglah, akhirnya bisa menghindar. Mereka sengaja untuk menabrak agar tidak ada yang melapor," tuturnya."
       
Karena    itu, lanjut dia, masyarakat berharap penenggelaman kapal asing ini bisa dilakukan berkelanjutan. Sehingga, nelayan asing jera mencuri ikan. "Biar kami bisa sejahtera dan berkembang," jelasnya.
       
Sementara itu, agar penenggelaman itu tidak bermasalah dengan negara dan diprotes masyarakat internasional, TNI-AL memastikan bahwa protes masyarakat internasional tidak akan berpengaruh. Sebab, tindakan penenggelaman kapal itu telah melalui proses hukum. (idr/end)
      


ANAMBAS - Wakil Bupati Anambas Abdul Haris menjelaskan, banyaknya pencurian ikan membuat masyarakat Anambas yang 90 persen nelayan tersingkir. Kapal


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News