Kapal Asing Tertangkap di Natuna

Oknum TNI AL Diduga Terlibat

Kapal Asing Tertangkap di Natuna
Kapal Asing Tertangkap di Natuna
PONTIANAK– Anggota TNI Angkatan Laut diduga terlibat dalam aksi penjarahan ikan di perairan Indonesia. Dua kapal berbendera Indonesia yang mempekerjakan nelayan Vietnam diamankan Stasiun Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan Pontianak, 29 November lalu.

Petugas juga mengamankan 17 anak buah kapal kewarganegaraan Vietnam bersama dua nakhoda yang orang Indonesia. Kapal yang diamankan beridentitas KM Sagitarius 01 dan 02. Pengakuan nakhoda, kapal tersebut mempekerjakan anggota TNI AL.

Bahkan dua kapal itu sandar dan berangkat dari Pangkalan TNI AL Ranai. "Saya hanya disuruh jadi nakhoda oleh angkatan laut. Orang Vietnam ini juga selama ini tidur di kapal yang sandarnya di Pangkalan TNI AL," ujar nakhoda KM Sagitarius 02, Sirajudin, kemarin di PSDKP Pontianak.

Dua kapal ini tertangkap karena tidak dapat menunjukkan dokumen resmi. Hanya fotocopy SIUP dan SIPI. Aparat belum mengusut keterlibatan TNI AL tersebut karena masih fokus kepada aktivitas illegal fishing yang dilakukan. "Di SIPI datanya nelayan Indonesia bukan Vietnam," tegas Direktur V Tindak Pidana Tertentu Bareskrim Mabes Polri, Brigjen Pol Suhardi Alius.

PONTIANAK– Anggota TNI Angkatan Laut diduga terlibat dalam aksi penjarahan ikan di perairan Indonesia. Dua kapal berbendera Indonesia yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News