Kapal Serbu di Kalimantan Bertambah, Pengganggu IKN Siap-siap Saja

Kapal Serbu di Kalimantan Bertambah, Pengganggu IKN Siap-siap Saja
Satu unit kapal serbu 20 meter Patkamla Posa karya anak bangsa kepada Lantamal XIII Tarakan di Batam Kepulauan Riau untuk mendukung kegiatan di Ibu Kota Negara (IKN). (ANTARA/HO-Humas Lantamal IV Batam)

jpnn.com, BATAM - Danlantamal XIII Tarakan Laksamana Pertama TNI Fauzi menerima bantuan satu unit kapal serbu 20 meter Patkamla Posa dari TNI AL.

Kapal itu diharapkan bisa mendukung kegiatan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Wakil Asisten Logistik Kepala Staf Angkatan Laut (Waaslog Kasal) Laksamana Pertama TNI Budi Sulistiyo mengatakan kapal karya anak bangsa yang dibuat di Batam itu nantinya akan memperkuat Lanal Balikpapan, Lantamal XIII Tarakan, dan Koarmada 2.

Hal itu sudah sesuai keputusan Kasal Nomor Kep/3346/IX/2022 tentang Penetapan Satu Unit Kapal Serbu 20 Meter.

“Kapal serbu ini merupakan salah satu unsur kekuatan TNI AL yang mempunyai fungsi sebagai kapal patroli yang mampu melaksanakan pengejaran dan penangkapan di wilayah perairan,” ujar Budi dari keterangan yang diterima di Batam, Kamis (17/11).

Selain mempunyai fungsi berpatroli, kapal itu juga berguna untuk mendukung kegiatan di laut.

“Fungsi lain di antaranya melakukan penyelidikan, peperangan khusus antiteror aspek laut, dan mampu melaksanakan search and rescue (SAR),” ucapnya.

Patkamla Posa sendiri memiliki panjang 20 diplacement 30 ton ini dibekali dua mesin bertenaga 1.400 HP sehingga mampu mencapai kecepatan 50 knots. (antara/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Kapal serbu 20 meter Patkamla Posa diharapkan bisa mendukung kegiatan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News