Kapan Indonesia Punya Kereta Cepat? Ini Jawaban Menteri Jonan

Kapan Indonesia Punya Kereta Cepat? Ini Jawaban Menteri Jonan
Ilustrasi kereta cepat.

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan bercerita mengenai percakapan dirinya dengan seorang kawan. Saat itu dia mendapat pertanyaan, kapan Indonesia memiliki high speed train (HST) atau kereta cepat?

Kawannya itu belum lama ini menaiki kereta cepat dari Roma menuju Milan. Kepada Jonan, dia menanyakan kapan dirinya bisa menikmati fasilitas tersebut di Indonesia.

"Kapan Indonesia buat begini (kereta cepat--red)?," kata Jonan menirukan pertanyaan kawannya tersebut dalam diskusi Rembug Nasional Satu Tahun Pemerintahan Jokowi-JK di Jakarta, Selasa (20/10).

"Masih lama‎, karena pemerataan pembangunan belum dilaksanakan," jawab Jonan.

Merasa belum puas dengan jawaban yang diberikan Jonan, kawannya kembali bertanya. "Kira-kira berapa ongkos yang akan diberlakukan untuk kereta cepat di Indonesia?"

Mantan Dirut KAI ini bukannya memberikan perkiraan harga, namun justru meminta kawannya tersebut pindah ke warga negara lain.

"Ongkosnya besar. Anda saja pindah jadi warga Italia," sarannya.

Saat disinggung lebih jauh soal pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung, menteri asal Surabaya ini menegaskan bahwa pihaknya hanya sebagai regulator, tidak lebih.

JAKARTA - Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan bercerita mengenai percakapan dirinya dengan seorang kawan. Saat itu dia mendapat pertanyaan, kapan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News