Kapolda Kalsel yang Baru Dikenal Tegas dalam Membasmi Kejahatan

Kapolda Kalsel yang Baru Dikenal Tegas dalam Membasmi Kejahatan
Mantan Direktur Resnarkoba Polda Metro Jaya Irjen Niko Afinta diangkat jadi Kapolda Kalsel. FOTO: Fathan/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kapolri Jenderal Pol Idham Azis telah melantik sembilan kepala kepolisian daerah (kapolda) dan sejumlah pejabat utama Polri yang baru, di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (8/5) kemarin.

Dari sembilan nama kapolda yang dilantik, terdapat nama Irjen Pol Niko Afinta sebagai Kapolda Kalimantan Selatan yang baru.

Menurut Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) Edi Hasibuan, pengangkatan Irjen Pol Niko sebagai Kapolda Kalsel diapresiasi masyarakat.

"Banyak harapan masyarakat terhadap mantan kapolresta Medan itu, agar situasi kamtibmas di wilayah Kalsel selalu kondusif dan dunia usaha di daerah itu terus semakin baik," ujar Edi dalam pesan tertulis, Sabtu (9/5).

Mantan anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) ini kemudian membeberkan sejumlah kelebihan Irjen Pol Niko Afinta. Antara lain, terbilang masih muda, cerdas dan mampu melayani masyarakat dengan cepat.

Irjen Pol Niko Afinta diketahui pernah menduduki sejumlah jabatan strategis di kepolisian. Mulai dari Kapolresta Medan, Direktur Pidum Bareskrim Polri hingga staf ahli Kapolri.

"Semasa menjadi Kapolresta Medan, Irjen Pol Niko dikenal tegas dan keras membasmi berbagai kejahatan dan premanisme. Niko juga dikenal sangat dekat dengan tokoh masyrakat dan tokoh agama setempat," katanya.

Pakar hukum kepolisian dari Universitas Bhayangkara Jakarta ini optimistis Irjen Pol Niko Afinta sebagai kapolda yang baru, mampu membawa rasa aman bagi seluruh masayarakat Kalsel. (gir/jpnn)

Kapolri Jenderal Pol Idham Azis telah melantik sembilan kepala kepolisian daerah (kapolda) dan sejumlah pejabat utama Polri yang baru, di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (8/5) kemarin.


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News