Kapolres Maybrat Bantah Klaim Sepihak TPNPB, Tak Ada Huru-hara saat Natal

Kapolres Maybrat Bantah Klaim Sepihak TPNPB, Tak Ada Huru-hara saat Natal
Kapolres Maybrat, Papua Barat Daya AKBP Glenn Rooi Molle memastikan perayaan Natal 2022 dan malam Tahun Baru 2023 di wilayah hukumnya, berlangsung aman. Foto: Source for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Kapolres Maybrat, Papua Barat Daya AKBP Glenn Rooi Molle memastikan perayaan Natal 2022 dan malam Tahun Baru 2023 di wilayah hukumnya (wilkum) berlangsung aman dan kondusif.

Hal itu sekaligus membantah klaim sepihak Kelompok Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) yang sebelum Natal mengaku menguasai daerah Kumurkek, Ibu Kota Kabupaten Maybrat. 

"Kami sampaikan bahwa seluruh ibadah dan acara terkait Natal dan Tahun Baru 2023 di wilayah Hukum Polres Maybrat berlangsung aman dan damai, lancar tanpa ada gangguan Kamtibmas," kata Glenn dalam keterangannya, Rabu (4/1).

Menurut Glenn, pada malam pergantian Tahun Baru 2023, masyarakat bersama seluruh elemen pemerintah termasuk aparat keamanan larut dalam kegembiraan bersama.

Perayaan tahun baru sendiri, kata dia, dipusatkan di jantung Kota Kumurkek, alun-alun Faitmayaf, Distrik Aifat dengan pesta kembang api.

"Artinya klaim-klaim kelompok separatis yang sebelumnya melakukan provokasi itu sama sekali tidak benar. Terbukti masyarakat aman, nyaman, dan damai saat Natal kemarin dan tahun barunya. Ini harus kami sampaikan, bahwa Maybrat aman-aman saja," ujar Glenn.

Dalam rangka menjaga situasi tetap kondusif, Glenn berharap kerja sama seluruh masyarakat untuk aktif terlibat menjaga ketertiban di masyarakat, salah satunya meminta masyarakat agar tidak terprovokasi dengan hasutan yang disampaikan kelompok separatis atau pihak lain yang ingin mengganggu ketertiban di wilayah itu. 

"Kami juga imbau masyarakat untuk memberikan informasi secara aktif kepada pihak kepolisian atau TNI jika ditemukan hal hal yang mencurigakan dan berpotensi melawan hukum," ucap Glenn.

Kapolres Maybrat, Papua Barat Daya AKBP Glenn Rooi Molle memastikan perayaan Natal 2022 dan malam Tahun Baru 2023 di wilayah hukumnya, berlangsung aman

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News