Kapolri Bantah Kabar Mahasiswa Bogor Tewas saat Demo Tolak RKUHP

Kapolri Bantah Kabar Mahasiswa Bogor Tewas saat Demo Tolak RKUHP
Kapolri Jenderal Tito Karnavian di TMP Kalibata, Minggu (2/6). Foto: Aristo S/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengklarifikasi adanya kabar mahasiswa Bogor bernama Zaenal yang meninggal saat aksi revisi KUHP. Menurut Tito, informasi itu merupakan kabar bohong untuk memperkeruh suasana.

"Contoh, tadi pagi, bahwa ada mahasiswa bernama Zaenal itu meninggal karena bentrok dengan petugas waktu kemarin di Universitas Pakuan Bogor. Begitu saya cek melalui jaringan kami, seluruh staf dan termasuk Polres Bogor, ternyata ini peristiwa di NTB, 5 September lalu," kata Tito di Gedung Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Kemenko Polhukam), Jakarta Pusat, Selasa (24/9).

Tito membenarkan bahwa Zaenal meninggal di tangan oknum anak buahnya. Namun saat itu Zaenal dilumpuhkan karena melakukan perlawanan saat ditilang polisi.

"Peristiwa Saudara Zaenal ini, almarhum ini naik motor, kemudian ditilang, terjadi ribut mulut dengan petugas lalu lintasnya. Kemudian petugas lalu lintasnya diduga karena masih investigasi, dipukul. Kemudian membalas memukul, terjadi perkelahian, teman-temannya yang polisinya ikut membantu," kata Tito.

Saat itu juga terjadi penganiayaan terhadap Zaenal. Setelahnya Zaenal dibawa ke rumah sakit terdekat lalu meninggal dunia.

"Dan Kapoldanya sangat tegas. Itu anggota polisi semuanya diperiksa dan diproses hukum. Itu peristiwa 5 di NTB, dibuat meme, seolah-olah Universitas Pakuan Bogor dipukul petugas dalam rangka demo. Tolong jangan mudah terpengaruh dinamika seperti ini, baik di Papua maupun di berkaitan dengan masalah DPR ada pihak ketiga untuk main hoaks-hoaksan," kata Tito. (tan/jpnn)

Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengklarifikasi adanya kabar mahasiswa Bogor bernama Zaenal yang meninggal saat aksi revisi KUHP


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News