Kapolri Diminta Tertibkan Anak Buah Nakal Jelang Pilkada

Kapolri Diminta Tertibkan Anak Buah Nakal Jelang Pilkada
Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Foto: Zaim Armies/Jawa Pos

jpnn.com, JAKARTA - Mutasi yang dilakukan Kapolri Jenderal Tito Karnavian kepada Brigjen Hasanuddin dari jabatan Wakapolda Maluku menjadi perhatian publik.

Hasanuddin kini ditugaskan sebagai Analis Kebijakan Utama Bidang Bindiklat Lemdiklat Polri.

Nah, pengamat sosial Tammat R Talaohu menilai sikap tegas Kapolri jangan sampai berhenti di Hasanuddin saja, tapi ke jaringan bawahnya juga.

"Pencopotan tidak boleh berhenti di situ saja. Karena diduga kapolres, kapolsek hingga bhabinkamtibmas masih terstruktur (tidak netral)," kata Tammat, Jumat (22/6).

Dia menilai, netralitas Polri tidak berlaku di Maluku. Hal ini berbahaya, karena jika tidak segera dihentikan bisa merembet sehingga dikhawatirkan memicu konflik.

"Ini berbahaya dan jika tidak dihentikan maka kekhawatiran bisa terjadi tragedi 98. Jangan ganggu dan intervensi pilihan masyarakat," kata dia lagi.

Dia juga menyayangkan jika Korps Bhayangkara ditarik-tarik ke ranah politik. Untuk itu, dia menyarankan agar Tito Karnavian bisa menertibkan anak buahnya.

Sementara itu Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane berpesan agar para pasangan calon kepala daerah Maluku yang berlatarbelakang TNI-Polri bisa bermain cantik dan tidak main jorok.

Kapolri melakukan mutasi terhadap Brigjen Hasanuddin dari jabatan Wakapolda Maluku.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News