Survei: Santun Nomor Satu di Pilkada Maluku

Survei: Santun Nomor Satu di Pilkada Maluku
Pilkada. Ilustrasi: dokumen JPNN

jpnn.com - Sinergi Data Indonesia (SDI) merilis survei terbaru Pilkada Maluku. Dalam survei tersebut, pasangan calon Said Assagaff-Andareas Rentanubun (Santun) menjadi yang paling unggul.

"Pasangan Santun masih unggul dan masih teratas. Jarak antar kandidat 9 hingga 10 persen,” kata Direktur Eksekutif SDI Barkah Pattimahu dalam diskusi bertema "Dinamika Pilkada Maluku di Tengah Harapan Netralitas TNI-POLRI" di Jakarta Pusat, Kamis (21/6).

Menurut Barkah, jika pilkada dilakukan hari ini maka pasangan Santun memimpin dengan dukungan 35 persen. Di posisi kedua ditempati pasangan Herman A. Koedoeboen (Hebat) dengan dukungan 26,17 persen.

Sementara pasangan Murad Ismail-Banabas Orno menempati posisi terakhir dengan dukungan 25,33 persen.

Barkah mengungkapkan, berdasarkan hasil survei ada empat alasan pasangan Santun yang juga petahana unggul. Yakni popularitas Said Assagaff masih tertinggi yakni 91,83 persen dari calon lainnya dan memiliki kesukaan 79,86 persen.

"Kesukaan masyarakat terhadap Said Assagaf masih di atas kompetitor," jelasnya.

Faktor lain yang membuat Said Assagaf unggul, yakni mayoritas publik Maluku merasa puas dengan kinerja dan kepemimpinannya yang mencapai 70,34 persen.

"Jika kepuasan dan keberhasilan petahana di atas 50 persen maka dia berpeluang besar untuk terpilih kembali,” ujarnya.

Pasangan calon Said Assagaff-Andareas Rentanubun (Santun) menjadi yang paling unggul dalam survei Pilkada Maluku versi SDI

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News