Kapolri Sebut Keamanan ASEAN jadi Kunci Penting Pembangunan Ekonomi

Kapolri Sebut Keamanan ASEAN jadi Kunci Penting Pembangunan Ekonomi
Kapolri Jenderal Tito Karnavian menghadiri konferensi ASEANAPOL di Vietnam. Foto: Humas Polri

jpnn.com, HANOI - Kapolri Jenderal Tito Karnavian memimpin delegasi Indonesia dalam konferensi ASEANAPOL 2019 di Hanoi, Vietnam, Rabu (18/9). Dalam kegiatan itu, Tito berkesempatan menjadi pembicara dan menyoroti pentingnya kerja sama kepolisian antarnegara ASEAN dalam mewujudkan stabilitas keamanan di kawasan Asia Tenggara.

“Khususnya dalam penanggulangan kejahatan transnasional untuk mendukung terselenggaranya pembangunan ekonomi menuju kemajuan dan kesejahteraan bangsa,” kata Tito.

Menurut Tito, hal itu tidak bisa dipisahkan dari peran penting negara-negara ASEAN dalam dinamika ekonomi dunia. Ketahanan dan pertumbuhan ekonomi negara-negara Asia Tenggara yang cukup unggul telah menjadi perhatian utama dunia di tengah kemelut perdagangan dan ekonomi dunia.

“Keunggulan dan keberhasilan ekonomi negara-negara ASEAN hanya akan dapat terwujud dengan terpeliharanya stabilitas keamanan yang optimal,” ujarnya.

Oleh karena itu, Tito menyebut kerja sama di antara kepolisian negara ASEAN memainkan peran penting. Selain itu, konferensi ASEANAPOL ini punya peran yang sangat strategis dalam upaya mengoptimalkan kerja sama kepolisian di kawasan Asia Tenggara.

“Kerja sama diwujudkan dalam berbagai bentuk kegiatan bidang operasional, seperti tukar menukar informasi dalam pencegahan kejahatan secara dini maupun penindakan, pencegahan dan penanganan kejahatan di kawasan perbatasan, serta berbagai bentuk komunikasi dan koordinasi dalam penegakan hukum,” katanya.

Selain itu, kata Tito, kerja sama diselenggarakan dalam bidang pengembangan kapasitas yang diwujudkan dalam penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan kepolisian serta berbagai bentuk diskusi dan kursus intensif dan berkelanjutan.

Di samping itu, Tito menyampaikan dukungan secara terbuka terhadap upaya untuk memperkuat aspek operasional ASEANAPOL melalui pembangunan pusat data yang kuat dan terintegrasi.

Kapolri Tito Karnavian menjadi pembicara dalam konferensi ASEANAPOL 2019 di Hanoi, Vietnam.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News