Kapolri Ungkap Strategi Untuk Antisipasi Lonjakan Covid-19

Kapolri Ungkap Strategi Untuk Antisipasi Lonjakan Covid-19
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan bahwa pihaknya menyiapkan strategi khusus guna mengantisipasi serta menghadapi lonjakan pertumbuhan Covid-19 yang disebabkan oleh varian Omicron.

"Salah satunya yang paling prioritas adalah bagaimana kita melakukan akselerasi vaksinasi," ujar kapolri dalam arahannya kepada jajarannya di seluruh wilayah, Rabu (9/2).

Menurut Sigit, vaksinasi merupakan strategi pertama yang harus dioptimalkan. Khususnya, bagi kelompok lanjut usia (lansia).

Kemudian masyarakat yang sudah mendapatkan vaksin dosis kedua dan telah memasuki atau melewati enam bulan, untuk segera mendapatkan suntikan booster atau dosis ketiga.

Strategi kedua adalah terus mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes) dalam menjalani aktivitas sehari-harinya.

"Karena hal itu salah satunya yang paling utama memakai masker," kata eks Kabareskrim Polri itu.

Menurut Sigit, terjadinya transmisi penularan kerap diakibatkan ketidakdisiplinan dalam penggunaan masker.

Dia mengatakan penggunaan masker ini penting lantaran varian Omicron memiliki tingkat penularan yang lebih cepat walaupun tingkat fatalitas lebih rendah dibandingkan varian Delta.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyebut ada sejumlah strategi khusus yang dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News