Kapolsek Tewas Dikeroyok, Kriminolog Minta Polisi Introspeksi

Kapolsek Tewas Dikeroyok, Kriminolog Minta Polisi Introspeksi
Kapolsek Tewas Dikeroyok, Kriminolog Minta Polisi Introspeksi
JAKARTA - Guru Besar Kriminolog Universitas Indonesia (UI), Bambang Widodo Umar turut prihatin atas gugurnya AKP Andar Siahaan, kapolsek Dolok Panribuan, Simalungun, Sumatera Utara akibat dikeroyok warga saat akan menangkap terduga pelaku judi.

Menurut Bambang, kasus perlawanan oleh warga terhadap polisi seperti ini sudah seringkali terjadi dan angkanya cenderung meningkat. Perlawanan itu dilakukan warga dalam banyak hal, mulai dari fisik hingga pengrusakan pos polisi, mobil polisi dan sarana kepolisian lainnya.

"Memang sudah seringkali perlawanan warga ke polisi. Akhir-akhir ini malah militer juga. Saya pikir, untuk polisi sendiri harus introspeksi, melihat dirinya ke dalam. Mengapa dirinya dilawan masyarakat," kata Purnawirawan Polri dengan pangkat Komisaris Besar ini kepada JPNN, Jumat (29/3).

Introspeksi ini menurut Bambang dalam konteks polisi dalam menjalankan tugas-tugas pokoknya. Karena menurut dia Polri harus mengubah cara kerja yang akhir-akhir ini sering mencari-cari kesalahan masyarakat.

JAKARTA - Guru Besar Kriminolog Universitas Indonesia (UI), Bambang Widodo Umar turut prihatin atas gugurnya AKP Andar Siahaan, kapolsek Dolok Panribuan,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News