Kapuspen Kemendagri: BPIP Diisi Negawaran yang Sangat Paham Nilai-nilai Pancasila

Kapuspen Kemendagri: BPIP Diisi Negawaran yang Sangat Paham Nilai-nilai Pancasila
Kapuspen Kemendagri Bahtiar. Foto: Humas Kemendagri

jpnn.com, JAKARTA - Kapuspen Kemendagri Bahtiar menegaskan, tugas Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) sudah jelas, yaitu merumuskan arah kebijakan pembinaan iIdeologi Pancasila.

BPIP, lanjut Bahtiar, diisi oleh para negarawan dan tokoh-tokoh yang tidak usah diragukan lagi integritasnya, kompetensi dan pemahaman tentang nilai-nilai Pancasila.

"Badan Pembinaan Ideologi Pancasila atau disingkat BPIP adalah lembaga yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden yang memiliki tugas membantu Presiden dalam merumuskan arah kebijakan pembinaan ideologi Pancasila, melaksanakan koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian pembinaan ideologi Pancasila secara menyeluruh dan berkelanjutan," tegas Bahtiar.

Bahtiar menambahkan bahwa BPIP juga melaksanakan penyusunan standardisasi pendidikan dan pelatihan, menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan, serta memberikan rekomendasi berdasarkan hasil kajian terhadap kebijakan atau regulasi yang bertentangan dengan Pancasila kepada Lembaga Tinggi Negara, Kementerian/Lembaga, pemerintahan daerah, organisasi sosial politik, dan komponen masyarakat lainnya.

Tak hanya itu, BPIP juga memiliki fungsi untuk menahan dan melawan faham-faham yang bertolak belakang atau bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila.

"Langkah Pemerintah untuk menjaga dan terus melakukan pembinaan kepada seluruh warga negara dari nilai-nilai luhur Pancasila tidak perlu lagi diperdebatkan dan mencari-cari kesalahan, jangan juga menafsirkan lain dari Ideologi Pancasila, seolah-olah merasa paling benar," imbuhnya.

Bahtiar mengatakan hal tersebut, merespons adanya pihak yang menilai BPIP tidak memahami esensi Pancasila karena menempatkannya sebagai pilar negara.

BACA JUGA: Habib Rizieq Sebut Lembaga yang Dipimpin Megawati Mengganggu Pancasila

Kapuspen Kemendagri Bahtiar mengatakan, BPIP alias Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, diisi oleh para negarawan yang sangat paham nilai-nilai Pancasila.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News