Karang Taruna Kecamatan Cibinong Berdayakan Masyarakat Lewat Pertanian

Karang Taruna Kecamatan Cibinong Berdayakan Masyarakat Lewat Pertanian
sekelompok pemuda Karang Taruna Kecamatan Cibinong beraktivitas bertani dan mengembangkan bibit ikan, sekaligus menjadi fasilisator bagi masyarakat. Foto: Kemensos

jpnn.com, JAKARTA - Di atas lahan seluas 1,6 hektar, sekelompok pemuda Karang Taruna Kecamatan Cibinong beraktivitas bertani dan mengembangkan bibit ikan, sekaligus menjadi fasilisator bagi masyarakat sekitar.

Dian Asmara, Koordinator Posko Karang Taruna Kecamatan Cibinong, Bogor, saat dikunjungi di lahannya, RT 1/9 Kelurahan Tengah, Cibinong, Jumat (30/4/2021) menerangkan, lahan itu dikelola lima orang anggotanya.

Bahkan saat ini, ada kegiatan pembibitan alpukat yang dilakukan masyarakat, yang dimodali oleh Karang Taruna. Kelak penghasilannya tidak diatur atau dibatasi Karang Taruna.

"Dalam artian, mereka memberikan hasil buah alpukat pada Karang Taruna, dalam bentuk hadiah," ujar Dian.

Caranya, kata Dian, dari hasil harga jual bibit pohon, setelah dihitung dan warga yang membibitkan sudah mendapat kelebihan untuk bisa berbagi. Warga itu yang menentukan berapa yang bisa dibagi untuk Karang Taruna.

"Kami tidak ingin ada sistem buruh, jadi mereka (petani) juga adalah pemilik," ujarnya. Jadi, bila warga ingin mempunyai penghasilan yang besar, maka dia harus merawat bibit-bibitnya dengan baik.

Dian menceritakan kegiatan di Karang Taruna ini berhasil menginspirasi masyarakat sekitar. Sehingga, mampu memunculkan kelompok-kelompok tani di masyarakat. Sedikitnya ada tujuh Kelompok Tani (Poktan), yang tiap kelompoknya beranggotakan 5 - 10 orang.

Demikian Karang Taruna Kecamatan Cibinong memotivasi, menginspirasi, serta menjadi fasilitator masyarakat sekitar, tanpa mendominasi.

Di atas lahan seluas 1,6 hektar, sekelompok pemuda Karang Taruna Kecamatan Cibinong beraktivitas bertani dan mengembangkan bibit ikan, sekaligus menjadi fasilisator bagi masyarakat sekitar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News