Kardus Mencurigakan Bikin Sibuk Polisi

Jl dr Soetomo Diblokade, Penjinak Bom Brimob Didatangkan

Kardus Mencurigakan Bikin Sibuk Polisi
Kardus Mencurigakan Bikin Sibuk Polisi
BOJONEGORO - Suasana di Jalan dr Soetomo, Bojonegoro, kemarin (1/10) sempat mencekam. Satu regu penjinak bom dari Satbrimob Kompi 3 Detasemen C Bojonegoro didatangkan ke jalan itu. Mereka diminta untuk menjinakkan sebuah kardus yang dicurigai bom. Kardus itu tergeletak di dalam warung kopi milik Sumarni, 47. Polisi yang khawatir terjadi ledakan memasang police line di sekitar lokasi. Jalan yang membujur utara-selatan itu ditutup total.

Suasana mencekam dan bertambah menegangkan terjadi ketika metal detector milik tim penjinak bom berbunyi saat dipasang di atas kardus. Namun, bunyi alat itu tak lama. Tim penjinak bom mulai yakin kardus itu bukan berisi bom. Setelah dibuka, ternyata kadus tersebut memang bukan berisi bom. Kardus itu hanya berisi 25 bungkus karbit merek MDQ. Per bungkus beratnya 1 kilogram (kg). "Sempat metal detector berbunyi, tapi itu suara kawat atau paku di sekitar lokasi. Dan, bau sekitar lokasi merupakan karbit," kata Wakadanki Iptu Edi Suyono, yang memimpin evakuasi kardus, saat ditemui di lokasi.

Peristiwa itu berawal sekitar pukul 07.30. Sumarni menemukan sebuah kardus tertutup rapat di sudut warungnya. Dia merasa bukan sebagai pemilik kardus itu. Karena curiga, Sumarni mencoba mengecek kardus tersebut. Saat memegang kardus, mata dia melihat tulisan "Jangan didekatkan api". Tulisan di kardus yang tertutup lakban itu membuat takut Sumarni. Apalagi, di kardus itu juga ada tulisan "Jangan diletakkan di tempat kering", dan "Jangan ditumpuk, maksimum 10 kardus". Dia lalu membayangkan kardus itu berisi bom.

Sumarni pun meminta bantuan kerabatnya, Suyati, untuk melaporkan penemuan itu ke Mapolres Bojonegoro. "Saya takut, terlebih setelah mendengar berita ada bom di Jakarta," ujarnya. Rianto, salah seorang pembeli di warung, juga merasa takut setelah melihat kardus mencurigakan tersebut. "Tiba-tiba pemiliknya menutup kios," katanya setelah ngopi di warung itu.

BOJONEGORO - Suasana di Jalan dr Soetomo, Bojonegoro, kemarin (1/10) sempat mencekam. Satu regu penjinak bom dari Satbrimob Kompi 3 Detasemen C Bojonegoro

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News