Upacara di Nunukan, Ikrar Kerukunan Adat

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Makodim Nunukan

Upacara di Nunukan, Ikrar Kerukunan Adat
Upacara di Nunukan, Ikrar Kerukunan Adat
NUNUKAN – Kendati diselimuti hujan rintik-rintik, upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang terpusatkan di halaman Makodim 0911 Nunukan pagi kemarin (1/10) berlangsung khidmat. Selain TNI Polri dan satuan pengamanan lainnya, juga hadir tokoh adat, agama, masyarakat, pemuda dan pelajar mengikuti upacara hingga usai.

Bertindak sebagai pembina upacara kali ini Dandim 0911/Nunukan Letkol (Inf) Drs M Basri dan disaksikan unsur Muspida Kabupaten Nunukan. Upacara kali ini tanpa pidato atau penyampaian kata sambutan dari pembina, melainkan pembacaan teks Pancasila oleh perwira Makodim 0911/Nunukan.

Kurang lebih 25 menit upacara berlangsung, dilanjutkan dengan penandatangan naskah ikrar kebersamaan semua kerukunan adat yang ada di Nunukan. Mulai dari Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Pinrang, Kerukunan Keluarga Nusra-Nunukan, Paguyuban Keluarga Warga Jawa (Pakuwaja) Kerukunan Keluarga Toraja, Pusaka Kabupaten Nunukan, Keluarga Bone, Adat Tidung Dayak, Keluarga Besar Dayak Nunukan, Keluarga Mandar, Keluarga Banjar, Bulungan, Barru, Enrenkang, Makassar Forum Kerukunan Warga Tidung, Keluarga Soppeng, Sidrap, Buton, Batak, Bulukumba, Luwwu dan Keluarga Besar Madura dan lainnya.

Dandim 0911/Nunukan Letkol (Inf) Drs M Basri dalam sambutannya menegaskan, aparat keamanan dalam hal ini TNI Polri pada prinsipnya hanyalah memfasilitasi, membantu dalam hal pengamanan, mendukung segala bentuk aktivitas yang dilaksanakan semua kalangan masyarakat. Namun demikian, untuk menciptakan kondisi dan situasi daerah tetap aman dan kondusif, juga berpulang kembali kepada komitmen masyarakat itu sendiri.

“Mari kita bersama-sama saling berpegang teguh pada kebersamaan, rasa persatuan dan nasionalisme demi amannya negeri ini, demi bersatunya rakyat negeri ini. Nunukan pasti bisa,” pesan Dandim.

NUNUKAN – Kendati diselimuti hujan rintik-rintik, upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang terpusatkan di halaman Makodim 0911 Nunukan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News