Karhutla Marak Lagi, Presiden Jokowi Panggil Menteri Siti

Karhutla Marak Lagi, Presiden Jokowi Panggil Menteri Siti
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) tiba-tiba memanggil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya ke Istana Kenegaraan Jakarta, Senin (7/8). Menurut Siti, pemanggilan itu terkait dengan kondisi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang kembali marak di sejumlah daerah.

Siti menuturkan, Presiden Jokowi menanyakan apakah sudah diperlukan rapat koordinasi nasional untuk menyikapi eskalasi karhutla. Sebab, eskalasi karhulta cenderung meningkat. 

"Saya akan tindak lanjuti dengan Seskab (sekretaris kabinet, red). Saya akan segera menyurati untuk minta rakor seluruh kepala daerah terutama di daerah yang rawan," kata Siti ditemui usai bertemu presiden.

Mantan sekjen DPD RI itu menambahkan, rapat koordinasi sudah diperlukan mengingat adanya sejumlah daerah baru yang juga terjadi karhutla. Sebab, daerah yang sebelumnya tak pernah dilanda karhutla pun kini mengalaminya.

"Karena ada pemain baru seperti Aceh, Sultra, Sulut, kemudian NTT. Itu seribu hektare lebih juga (lahan terbakar, red),” tambah Siti sembari menyebut rakornas akan dilakukan dalam waktu dekat.(fat/jpnn)


Presiden Joko Widodo (Jokowi) tiba-tiba memanggil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya ke Istana Kenegaraan Jakarta, Senin (7/8).


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News