Karikatur Digital Bisa Jadi Kado Spesial

Karikatur Digital Bisa Jadi Kado Spesial
Jonathan Chanutomo menunjukkan karyanya. FOTO : Jawa Pos

jpnn.com, SURABAYA - Bingung mau kasih kado apa ke orang tercinta? Karya Jonathan Chanutomo bisa jadi pilihan. Kemarin (31/10), alumnus DKV Universitas Ciputra itu menunjukkan lembar-lembar art paper bergambar karikatur buatannya.

Itu adalah karikatur yang sudah dikerjakannya secara digital sebelum kemudian dicetak dalam berbagai ukuran kertas. Mayoritas karikatur tersebut juga bertulisan momen-momen spesial. Mulai ucapan ulang tahun, kelahiran bayi, wisuda, tunangan, hingga anniversary pernikahan. Jojo, sapaan Jonathan, memang kerap menggarap permintaan untuk karikatur digital untuk kado. 

Dia menuturkan, karikatur memiliki banyak ciri khas yang disukai orang. Ukuran kepala lebih besar ketimbang badan. Selain itu, karikatur dibuat personal dengan menggambarkan kegiatan atau hobi seseorang. Pose dan ekspresinya juga dibalut dengan lebih jenaka. ''Orang pasti bakal merasa spesial banget saat dikasih kado karikatur dirinya yang lagi melakukan kegiatan yang disukai,'' ujar alumnus DKV Universitas Ciputra itu. 

Salah satu karikatur yang menantang sekaligus memorable bagi Jojo adalah saat membuat pohon keluarga beberapa waktu lalu. Permintaan itu datang dari salah seorang yang akan memberikan kado untuk wedding anniversary ke-50 tahun kakek dan neneknya. Satu frame harus menggambarkan 30 wajah anggota keluarga yang ada. ''Itu tantangan banget sih. Gimana caranya satu frame bisa muat buat karikatur puluhan orang,'' kenangnya. 

Dia juga pernah membuat karikatur untuk salah seorang temannya yang bertunangan sebagai kado. Berhubung teman perempuan yang akan tunangan itu merupakan seorang dokter gigi, Jojo terpikir sebuah ide. Yakni, menggambar cincin layaknya sebuah gigi di dalam ring box. Itulah yang disebutnya sebagai karya yang mencerminkan kepribadian orang. (hay/c20/tia) 

Itu adalah karikatur yang sudah dikerjakannya secara digital sebelum kemudian dicetak dalam berbagai ukuran kertas


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News