Kartinian, Dilarang Pakai Koteka

Kartinian, Dilarang Pakai Koteka
Kartinian, Dilarang Pakai Koteka
MALANG - Ratusan baju adat dari berbagai daerah di 33 provinsi se-Indonesia diperagakan siswa-siswi SDN Kauman I Kota Malang. Sejumlah 644 siswa mulai dari kelas I sampai kelas VI SD tampak gembira memeragakan pakaian adat. Satu persatu mereka berjalan di atas catwalk sambil diiringi musik.

Suara tepuk tangan pengunjung yang sebagian besar wali murid dan guru pun mulai terdengar saat satu per satu tampil berlenggak-lenggok di atas panggung. "Jangan terlalu tegang ya anak-anak," ujar salah satu guru SDN Kauman I saat menyapa salah satu siswa yang mempergakan busana adat batak.

Dari ratusan busana adat di seluruh Indonesia, semua diperagakan. Hanya satu busana adat yang tidak dipakai, yakni busana adat yang tidak diperagakan, yakni koteka. Koteka merupakan busana adat kedalaman Papua. "Semua diperagakan, tapi tidak ada yang mau pake koteka," ujar H. Dermawan, panitia penyelenggara, kemarin.

Selain SDN Kauman I, SDN Blimbing III Kota Malang juga memperagakan busana dari masing-masing daerah. Peragaan busana yang diikuti dengan Pemilihan Kakang-Mbakyu SDN Blimbing III tersebut dilakukan dalam rangka memperingati Hari Kartini yang jatuh pada 21 April lalu.

MALANG - Ratusan baju adat dari berbagai daerah di 33 provinsi se-Indonesia diperagakan siswa-siswi SDN Kauman I Kota Malang. Sejumlah 644 siswa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News