Kasau: Hercules yang Jatuh Itu Pesawat Canggih

Kasau: Hercules yang Jatuh Itu Pesawat Canggih
Puing Hercules A-1334 di Jayawijaya. Foto: ist.for JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Kepala Staf TNI AU (Kasau) Marsekal Agus Supriatna mengatakan, hercules C-130 HS A-1334 yang jatuh di Gunung Lisuwa, Kampung Maima, Distrik Minimo, Kabupaten Jayawijaya adalah pesawat canggih. 

Pesawat ini sudah 50 tahun dipakai oleh TNI AU untuk melintasi daerah-daerah ekstrem.

"Pesawat‎ C-130 ini sangat canggih, bisa terbang di daerah maupun cuaca ekstrem. Dilengkapi empat turbo truk di sayapnya. Pesawat ini juga bisa mendarat di luar landasan," terang Agus di TVOne, Minggu (18/12).

Hal ini dibenar‎kan Alvin Lie, pengamat penerbangan. Menurut Alvin, hercules C-130 HS memang canggih. Karena kecanggihannya itu, biasa dipakai TNI AU ke daerah-daerah yang susah ditempuh pesawat biasa.

"Kalau dilihat dari kondisi pesawatnya, penerbangnya, sebenarnya oke. Jadi sudah benar langkah Kasau untuk melakukan investigasi mencari penyebabnya, apakah karena cuaca, teknis, operator, atau lainnya," tandas Alvin yang juga komisioner Ombudsman RI itu. (esy/jpnn)


JAKARTA - Kepala Staf TNI AU (Kasau) Marsekal Agus Supriatna mengatakan, hercules C-130 HS A-1334 yang jatuh di Gunung Lisuwa, Kampung Maima, Distrik


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News