Kasus Corona di Kota Bogor: 2 Hari Terjadi Peningkatan, dari 3 Klaster

Kasus Corona di Kota Bogor: 2 Hari Terjadi Peningkatan, dari 3 Klaster
Toko Mitra 10 jadi salah satu klaster penyebaran Corona di Kota Bogor. Foto: Antara

jpnn.com, BOGOR - Dalam dua hari terakhir terjadi peningkatan jumlah kasus positif COVID-19 di Kota Bogor, yakni 11 kasus.

Kasus baru tersebut berasal dari tiga klaster, yakni klaster fasilitas kesehatan, toko Mitra 10, serta klaster luar Kota Bogor.

Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim mengatakan, untuk klaster fasilitas kesehatan di Kota Bogor, Pemerintah Kota Bogor sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat untuk melakukan kajian ulang terhadap delapan rumah sakit rujukan yang telah direkomendasi oleh Gubernur Jabar.

"Untuk klaster luar Kota Bogor menunjukkan penularan virus ini disebabkan seseorang yang melakukan perjalanan ke luar kota dengan menggunakan multi moda transportasi umum serta kasus warga dengan KTP Kota Bogor tapi domisilinya di luar Kota Bogor yang sering datang dan pergi ke Kota Bogor," katanya, Minggu (5/7).

Kemudian untuk klaster toko Mitra 10, menurut dia, Pemkot dan Gugus Tugas sudah memperpanjang penutupan sementara operasional toko swalayan bahan bangunan Mitra 10 di Kota Bogor.

Selama penutupan sementara toko Mitra 10, Pemerintah Kota Bogor meminta manajemen toko Mitra 10 untuk melakukan langkah-langkah antisipasi, antara lain, melakukan uji sampel spesimen bagi karyawan, sales promotion girl (SPG), supplier, dan manajemen.

"Mereka juga harus melakukan penataan sirkulasi udara di ruangan toko Mitra 10, menyiapkan jalur pengunjung di dalam toko, menutup kantin, mengurangi jumlah karyawan yang berada di dalam area toko, serta menyiapkan skema penyemprotan disinfektan secara rutin dan terjadwal," katanya.

"Setelah semua langkah antisipasi itu dipenuhi, Pemerintah Kota Bogor dan GTPP COVID-19 Kota Bogor, baru akan memberi kelonggaran untuk dibuka kembali dengan sejumlah catatan dan menerapkan protokol kesehatan secara benar," katanya. (antara/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:


Dalam dua hari terakhir terjadi peningkatan jumlah kasus positif COVID-19 di Kota Bogor, yakni 11 kasus.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News