Kasus Curat Mendominasi Kejahatan

Kasus Curat Mendominasi Kejahatan
Kasus Curat Mendominasi Kejahatan
SITUBONDO - Angka kejahatan di Situbondo selama tahun 2010, masih cukup tinggi. Itu terlihat dari angka kasus kejahatan yang ditangani Polres Situbondo pada semester pertama 2010. Simak saja, dalam enam bulan terakhir ini, tercatat 505 kasus kejahatan yang ditangani Polres Situbondo. Kasusnya macam-macam, mulai kejahatan konvensional hingga kejahatan terhadap negara, seperti illegal logging. Dari kasus sebanyak itu, baru sekitar 328 yang dapat dibilang selesai.

Dari kasus-kasus itu, kasus pencurian dengan pemberatan (curat) lebih mendominasi. Sejak awal hingga pertengahan tahun 2010, curat mencapai 76 laporan. Dari laporan tersebut, yang sudah berhasil diselesaikan baru 15 kasus. Tentu saja, sisanya masih menjadi "PR" besar bagi polisi. Termasuk, sederet kasus curat di awal tahun 2010 yang belum terkuak. "Tentu saja, menjadi tugas polisi mengusut setiap kasus kejahatan sampai tuntas, termasuk kasus curat ini. Makanya, kami masih terus bekerja," kata Kapolres AKBP Imam Thobroni.

Pencurian dengan pemberatan tersebut belum termasuk pencurian dengan kekerasan (curas) atau perampokan. Dalam enam bulan terakhir, wilayah Situbondo diguncang enam kali kasus curas, tapi tak satu pun yang berhasil diungkap. Pencurian lain, seperti pencurian kendaraan bermotor (curanmor) yang mencapai 18 kejadian, baru selesai 3 kasus. Pencurian biasa sebanyak 40 kasus, dan 16 di antaranya sudah dinyatakan selesai.

Selain pencurian, angka kejahatan yang juga cukup tinggi hingga pertengahan 2010 ini adalah kasus penipuan (sanjipak). Hingga pertengahan tahun ini, kasus sanjipak yang ditangani Polres dan jajarannya mencapai 46 kasus. Namun, 37 di antaranya sudah berhasil diselesaikan. Kasus penggelapan mencapai 37, dan sebanyak 29 sudah selesai. Kasus perjudian yang tahun-tahun sebelumnya selalu melambung, tahun 2010 mulai berhasil ditekan. Hingga pertengahan tahun, Polres Situbondo dan jajarannya berhasil mengungkap 10 kasus perjudian, dan sudah selesai diproses semua.

SITUBONDO - Angka kejahatan di Situbondo selama tahun 2010, masih cukup tinggi. Itu terlihat dari angka kasus kejahatan yang ditangani Polres Situbondo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News