Kasus DPT, DPR Didesak Panggil Kapolri

Kasus DPT, DPR Didesak Panggil Kapolri
Kasus DPT, DPR Didesak Panggil Kapolri
JAKARTA – Polemik terkait dugaan manipulasi data Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada pilkada gubernur Jawa Timur terus bergulir. Petinggi PDIP tampaknya belum puas atas penjelasan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Abdul Hafiz Anshary dan Kapolri Jenderal Pol Bambang Hendarso Danuri. PDIP masih memandang perlu Kapolri memberikan penjelasan yang lebih gamblang di hadapan Komisi III DPR yang membidangi persoalan hukum.

Ketua Fraksi PDIP DPR Tjahjo Kumolo mengatakan, pimpinan DPR dan Komisi III perlu secepatnya memanggil Bambang HD untuk memberikan penjelasan kasus ini. Terlebih, persoalan ini bermula dari keterangan terbuka yang disampaikan mantan Kapolda Jatim Irjen Pol Herman Surjadi Sumawiredja. Bahkan, kata Tjahjo, pemanggilan Kapolri tidak perlu menunggu masa sidang DPR.

“Kapolri harus segera dipanggil karena persoalan ini sudah sangat meresahkan. Pemanggilan tak boleh ditunda-tunda karena waktunya sudah mepet menjelang pemilu legislatif. Kalau apa yang disampaikan mantan Kapolda Jatim itu benar, ini sudah tergolong kejahatan politik,” ungkap Tjahjo Kumolo di gedung DPR, Senayan, Senin (23/3).

Menurut Tjahjo, perkara ini tidak boleh dianggap sepele. Terlebih, yang membeberkan adalah seorang perwira polisi yang terlibat langsung menangani perkara DPT Jatim ini. Tjahjo pun menegaskan, partainya akan menggalang komunikasi dengan partai-partai lain untuk membicarakan hal ini.

JAKARTA – Polemik terkait dugaan manipulasi data Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada pilkada gubernur Jawa Timur terus bergulir. Petinggi PDIP

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News