Kasus Korupsi BI Paling Populer

Kasus Korupsi BI Paling Populer
Kasus Korupsi BI Paling Populer
JAKARTA - Kasus korupsi Rp 100 miliar aliran dana Bank Indonesia (BI) tercatat paling populer di mata masyarakat dibanding kasus lainnya. Sebanyak 86 persen dari 2.191 responden di 6 kota, mengaku tahu atau bahkan mengikuti perkembangan penyidikan dan persidangan kasus yang melibatkan mantan Gubernur BI Burhanuddin Abdullah ini.

Hal tersebut dikemukakan Wakil Ketua KPK bidang Pencegahan M Jasin, saat memaparkan hasil survei masyarakat terhadap KPK di Jakarta, Medan, Makassar, Semarang, Surabaya, dan Banjarmasin.  Dari hasil survei yang dilakukan  Februari-Juni 2008, lanjut Jasin, muncul keinginan dari masyarakat agar KPK lebih sering menangani kasus korupsi yang dinilai sulit tersentuh hukum (untouchable).

Kalangan the untouchable itu mulai dari bupati, wali kota, gubernur, gubernur BI, sampai dengan anggota DPR RI, yang di luar negeri sekali pun jarang tersentuh. "Contohnya adalah korupsi Bupati Garut Agus Supriyadi dan Bupati Kutai Kartanegara Syaukani," jelas Jasin.

Karena tak bisa mengeluarkan penghentian penyidikan (SP3), KPK dinilai masyarakat lebih efektif dibanding aparat hukum lain dalam hal pemberantasan korupsi. Prilaku koruptif yang berkurang sejak adanya KPK serta  mulai dirasakan adalah berkurangnya pemberian bingkisan kepada pejabat untuk menjaga hubungan baik atau gratifikasi. (pra/jpnn)

JAKARTA - Kasus korupsi Rp 100 miliar aliran dana Bank Indonesia (BI) tercatat paling populer di mata masyarakat dibanding kasus lainnya. Sebanyak


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News